Page 52 - Quality Assurance of Blended and Online Learning : Standards and Implementation
P. 52
NASKAH BUKU BESAR PROFESOR UNIVESITAS TERBUKA
40 No. Subkomponen Pernyataan Praktik Terbaik
IV. Asesmen Hasil Belajar dan Evaluasi
1. Kebijakan institusi (52) Institusi memiliki kebijakan dan prosedur yang
tentang penilaian tepat untuk memastikan bahwa penilaian tepat
waktu, adil, dan dengan jumlah yang tepat.
(53) Institusi menyediakan waktu, staf, dan sumber
daya keuangan yang cukup untuk menilai
kinerja peserta didik.
2. Perencanaan dan (54) Institusi memastikan bahwa semua anggota
produksi bahan staf akademik fasih dengan prosedur penilaian
penilaian formatif dan sumatif dan pentingnya penilaian
dalam proses pembelajaran.
(55) Institusi memastikan bahwa tujuan penilaian
dijelaskan dengan jelas dalam materi mata
kuliah dan peserta didik dapat menilai sendiri
beberapa tugas mereka.
(56) Institusi memastikan bahwa materi penilaian
valid dan dapat diandalkan.
(57) Institusi memastikan bahwa penjadwalan dan
penggunaan media dalam penilaian fleksibel.
3. Administrasi penilaian (58) Institusi memiliki prosedur yang efektif untuk
memastikan bahwa proses penilaian memenuhi
persyaratan institusi.
(59) Institusi memiliki prosedur sistematis untuk
merekrut dan melatih staf yang bertanggung
jawab atas penilaian.
(60) Institusi memiliki sistem yang efektif untuk
memastikan kerahasiaan dan keamanan materi
penilaian.
4. Pemrosesan hasil (61) Institusi telah menetapkan pedoman untuk
penilaian memproses hasil penilaian.
(62) Institusi mempekerjakan cukup banyak asesor
yang memenuhi syarat.
(63) Institusi memiliki sistem yang efisien dan efektif
untuk mencatat dan menyimpan hasil penilaian.