Page 57 - Quality Assurance of Blended and Online Learning : Standards and Implementation
P. 57
QUALITY ASSURANCE OF BLENDED & ONLINE LEARNING: STANDARDS AND IMPLEMENTATION
No. Subkomponen Pernyataan Praktik Terbaik 45
(106) Institusi memberikan pelatihan yang
sesuai kepada tutor.
(107) Institusi memiliki sistem efektif yang
memastikan bahwa tutor memberikan
umpan balik yang konstruktif tentang
kemajuan belajar peserta didik kepada
peserta didik dan institusi.
(108) Institusi menyediakan sesi orientasi
kepada peserta didik sebelum kegiatan
tutorial.
(109) Institusi memiliki mekanisme untuk
memantau kemajuan belajar peserta didik.
(110) Institusi menyediakan berbagai mode
tutorial yang mudah diakses oleh peserta
didik.
(111) Institusi menyediakan fasilitas yang cukup
untuk melakukan tutorial.
2. Konseling (112) Institusi memiliki pedoman konseling untuk
konselor dan peserta didik.
(113) Institusi memastikan bahwa konselor
menyadari peran mereka dalam
memberikan konseling.
(114) Institusi menyediakan saluran sinkron
dan asinkron bagi konselor untuk
berkomunikasi dengan peserta didik.
(115) Institusi memiliki proses yang efektif untuk
mendiagnosis masalah pesera didik untuk
menentukan kebutuhan konseling individu
peserta didik.
(116) Institusi ini memiliki mekanisme yang
efektif untuk memantau dan mengevaluasi
layanan dukungan pembelajaran pesera
didik.
IX. Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat
1. Sistem pendukung (117) Institusi memiliki kebijakan yang jelas tentang
penelitian penelitian.
(118) Institusi mempekerjakan cukup banyak staf
yang memenuhi syarat untuk memastikan
bahwa pelaksanaan penelitian berkualitas
secara metodologi ataupun teknologi.