Page 51 - Quality Assurance of Blended and Online Learning : Standards and Implementation
P. 51
QUALITY ASSURANCE OF BLENDED & ONLINE LEARNING: STANDARDS AND IMPLEMENTATION
No. Subkomponen Pernyataan Praktik Terbaik 39
2. Pengembangan (38) Institusi memiliki pedoman yang jelas untuk
kurikulum pengembangan kurikulum.
(39) Institusi mempertimbangkan kemampuan
masing-masing peserta didik dalam
pengembangan kurikulum.
III. Desain dan Pengembangan Matakuliah
1. Desain mata kuliah (40) Institusi merancang mata kuliah melalui
perencanaan yang tepat.
(41) Institusi merancang mata kuliah berdasarkan
kebutuhan peserta didik.
(42) Institusi memiliki jadwal sistematis untuk desain
dan pengembangan mata kuliah.
2. Konten mata kuliah (43) Institusi memastikan bahwa isi mata kuliah
dan tes/tugas relevan dengan tujuan program studi.
(44) Institusi memastikan bahwa konten mata kuliah
konsisten dengan tes/asesmen.
(45) Institusi memastikan bahwa tujuan mata kuliah
jelas dan informatif bagi peserta didik.
3. Tujuan mata kuliah (46) Institusi menggunakan media dan teknologi yang
sesuai dengan tujuan dan karakteristik mata
kuliah, kebutuhan pembelajaran, dan keadaan
peserta didiknya.
4. Dukungan (47) Institusi merancang mata kuliah dengan integrasi
pembelajaran peserta yang memadai melalui layanan dukungan
didik pembelajaran.
5. Evaluasi mata kuliah (48) Institusi memiliki sistem yang efektif untuk
mengevaluasi materi pembelajaran secara
berkala untuk perbaikan pada masa depan.
6. Pendekatan tim mata (49) Institusi menyediakan waktu dan sumber
kuliah daya yang cukup bagi tim yang terlibat dalam
pengembangan mata kuliah sebagai bentuk
dukungan prioritas dan komitmen.
(50) Institusi menyediakan dukungan profesional dan
teknis yang memadai bagi staf yang terlibat dalam
merancang, mengembangkan, menyampaikan,
dan mengevaluasi mata kuliah.
(51) Institusi memberikan pelatihan yang tepat
bagi staf untuk memastikan bahwa mereka
memiliki pengetahuan dan keterampilan untuk
merancang, mengembangkan, menyampaikan,
mengevaluasi, dan memastikan kualitas mata
kuliah.