Page 51 - Quality Assurance of Blended and Online Learning : Standards and Implementation
P. 51

QUALITY ASSURANCE OF  BLENDED & ONLINE LEARNING: STANDARDS AND IMPLEMENTATION

           No.    Subkomponen             Pernyataan Praktik Terbaik    39
            2.  Pengembangan      (38)   Institusi memiliki pedoman yang jelas untuk
                kurikulum              pengembangan kurikulum.
                                  (39)   Institusi  mempertimbangkan  kemampuan
                                       masing-masing  peserta  didik  dalam
                                       pengembangan kurikulum.
          III.  Desain dan Pengembangan Matakuliah
            1.  Desain mata kuliah  (40)   Institusi merancang mata kuliah melalui
                                    perencanaan yang tepat.
                                (41)   Institusi merancang mata kuliah berdasarkan
                                    kebutuhan peserta didik.
                                (42)   Institusi memiliki jadwal sistematis untuk desain
                                    dan pengembangan mata kuliah.
            2.  Konten mata kuliah   (43)   Institusi memastikan  bahwa isi mata kuliah
                dan tes/tugas       relevan dengan tujuan program studi.
                                (44)   Institusi memastikan bahwa konten mata kuliah
                                    konsisten dengan tes/asesmen.
                                (45)   Institusi memastikan  bahwa tujuan mata kuliah
                                    jelas dan informatif bagi peserta didik.
            3.  Tujuan mata kuliah  (46)   Institusi menggunakan media dan teknologi yang
                                    sesuai dengan tujuan dan karakteristik mata
                                    kuliah,  kebutuhan  pembelajaran,  dan  keadaan
                                    peserta didiknya.
            4.  Dukungan        (47)   Institusi merancang mata kuliah dengan integrasi
                pembelajaran peserta   yang memadai melalui layanan dukungan
                didik               pembelajaran.
            5.  Evaluasi mata kuliah  (48)   Institusi memiliki sistem yang efektif untuk
                                    mengevaluasi  materi pembelajaran  secara
                                    berkala untuk perbaikan pada masa depan.
            6.  Pendekatan tim mata  (49)   Institusi menyediakan  waktu dan sumber
                kuliah              daya yang cukup bagi tim yang terlibat dalam
                                    pengembangan  mata  kuliah  sebagai  bentuk
                                    dukungan prioritas dan  komitmen.
                                (50)   Institusi menyediakan dukungan profesional dan
                                    teknis yang memadai bagi staf yang terlibat dalam
                                    merancang,  mengembangkan,  menyampaikan,
                                    dan mengevaluasi mata kuliah.
                                (51)   Institusi memberikan pelatihan yang tepat
                                    bagi  staf  untuk  memastikan  bahwa mereka
                                    memiliki  pengetahuan dan keterampilan  untuk
                                    merancang,  mengembangkan,  menyampaikan,
                                    mengevaluasi,  dan  memastikan  kualitas  mata
                                    kuliah.
   46   47   48   49   50   51   52   53   54   55   56