Page 47 - Quality Assurance of Blended and Online Learning : Standards and Implementation
P. 47

QUALITY ASSURANCE OF  BLENDED & ONLINE LEARNING: STANDARDS AND IMPLEMENTATION
          (9)  Dukungan bagi Peserta Didik                              35
          Dukungan bagi peserta didik harus mencakup variabel yang berkaitan
          dengan tutorial dan layanan pembelajaran untuk memastikan bahwa
          proses belajar peserta didik difasilitasi dan kebutuhan mereka terpenuhi.
          Peserta didik didukung oleh penyediaan berbagai peluang untuk
          komunikasi dua arah melalui penggunaan berbagai teknologi untuk
          bimbingan belajar dari jarak jauh; bimbingan kontak, bimbingan tugas,
          konseling, dan stimulasi struktur dukungan layanan. Kebutuhan peserta
          didik  terhadap fasilitas  fisik  dan  sumber  belajar  serta  kemampuan
          mereka untuk mengaksesnya juga harus dipertimbangkan.


          (10)   Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
          Institusi  ODL  harus  memastikan  bahwa  penelitian  dapat  dilakukan
          oleh staf akademik. Institusi harus memiliki sistem pendukung untuk
          penelitian. Institusi ODL juga harus memastikan bahwa pengabdian
          kepada masyarakat dapat dilakukan oleh staf akademik. Institusi
          ini  harus  meningkatkan  kontribusi  sosial  dengan  mempromosikan
          pendidikan seumur hidup di antara orang-orang dan memberikan
          kesempatan pendidikan yang berkualitas kepada masyarakat lokal
          dan daerah terasing dan kelas dengan biaya yang terjangkau. Kampus
          regional harus memainkan peran sebagai pusat pendidikan seumur
          hidup di setiap daerah.
              Tabel 3.1 menyajikan pernyataan terbaik sebagai standar mutu pada
          setiap  komponen  kerangka  mutu  AAOU  (diterjemahkan  dari  sumber
          aslinya pada https://www.aaou.org/quality-assurance-framework/).
   42   43   44   45   46   47   48   49   50   51   52