Page 45 - Quality Assurance of Blended and Online Learning : Standards and Implementation
P. 45

QUALITY ASSURANCE OF  BLENDED & ONLINE LEARNING: STANDARDS AND IMPLEMENTATION
          (2)  Manajemen Internal                                       33
          Sistem manajemen internal institusi harus dapat memberikan dukungan
          yang diperlukan untuk penyediaan ODL yang efektif, yang memenuhi
          harapan peserta didik dan komunitas pengguna yang lebih luas.
          Institusi ini harus memberikan kepemimpinan yang kuat dan pedoman
          yang  jelas  untuk  memastikan  kualitas,  efisiensi,  dan  efektivitas  biaya
          dalam manajemen dan operasi ODL. Selain itu, institusi harus memiliki
          saluran komunikasi yang jelas dan efektif serta manajemen sumber daya
          dan sistem administrasi yang efisien yang memungkinkannya mencapai
          tujuannya. Institusi ini juga harus beroperasi secara demokratis, rasional,
          dan setara gender. Itu harus didasarkan pada peraturan dan regulasi
          sekolah yang diatur secara sistemis.

          (3)  Desain Program dan Pengembangan Kurikulum
          Desain program dan pengembangan kurikulum untuk PJJ harus
          melibatkan penilaian kebutuhan khusus, pakar yang berkualitas,
          dan  pertimbangan  minat  pemangku  kepentingan,  evaluasi  rutin,
          pedoman yang jelas, dan akomodasi pengembangan kapasitas masing-
          masing peserta didik. Program dirancang dan dikembangkan dengan
          mempertimbangkan kebutuhan peserta didik, pengguna lulusan,
          dan masyarakat; untuk mendorong akses ke  pendidikan berkualitas;
          dan menetapkan metode penilaian secara efektif untuk menguji dan
          mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik terhadap hasil belajar
          program  yang  telah  ditetapkan  sesuai  dengan  maksud  dan  tujuan
          program.

          (4)  Desain dan Pengembangan Mata Kuliah
          Desain dan pengembangan mata kuliah harus mencakup variabel-
          variabel yang berkaitan dengan desain mata kuliah, konsistensi isi mata
          kuliah dan tes/asesmen, tujuan mata kuliah yang jelas, penggunaan
          berbagai media,  komponen materi pembelajaran, dukungan
          pembelajaran bagi peserta didik, pendekatan tim dalam pengembangan
          mata kuliah, pelatihan tim pengembang mata kuliah, dan evaluasi mata
          kuliah. Institusi pendidikan jarak jauh harus memastikan bahwa mata
          kuliah dirancang dan dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan
          peserta didik secara efektif.
   40   41   42   43   44   45   46   47   48   49   50