Page 45 - Quality Assurance of Blended and Online Learning : Standards and Implementation
P. 45
QUALITY ASSURANCE OF BLENDED & ONLINE LEARNING: STANDARDS AND IMPLEMENTATION
(2) Manajemen Internal 33
Sistem manajemen internal institusi harus dapat memberikan dukungan
yang diperlukan untuk penyediaan ODL yang efektif, yang memenuhi
harapan peserta didik dan komunitas pengguna yang lebih luas.
Institusi ini harus memberikan kepemimpinan yang kuat dan pedoman
yang jelas untuk memastikan kualitas, efisiensi, dan efektivitas biaya
dalam manajemen dan operasi ODL. Selain itu, institusi harus memiliki
saluran komunikasi yang jelas dan efektif serta manajemen sumber daya
dan sistem administrasi yang efisien yang memungkinkannya mencapai
tujuannya. Institusi ini juga harus beroperasi secara demokratis, rasional,
dan setara gender. Itu harus didasarkan pada peraturan dan regulasi
sekolah yang diatur secara sistemis.
(3) Desain Program dan Pengembangan Kurikulum
Desain program dan pengembangan kurikulum untuk PJJ harus
melibatkan penilaian kebutuhan khusus, pakar yang berkualitas,
dan pertimbangan minat pemangku kepentingan, evaluasi rutin,
pedoman yang jelas, dan akomodasi pengembangan kapasitas masing-
masing peserta didik. Program dirancang dan dikembangkan dengan
mempertimbangkan kebutuhan peserta didik, pengguna lulusan,
dan masyarakat; untuk mendorong akses ke pendidikan berkualitas;
dan menetapkan metode penilaian secara efektif untuk menguji dan
mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik terhadap hasil belajar
program yang telah ditetapkan sesuai dengan maksud dan tujuan
program.
(4) Desain dan Pengembangan Mata Kuliah
Desain dan pengembangan mata kuliah harus mencakup variabel-
variabel yang berkaitan dengan desain mata kuliah, konsistensi isi mata
kuliah dan tes/asesmen, tujuan mata kuliah yang jelas, penggunaan
berbagai media, komponen materi pembelajaran, dukungan
pembelajaran bagi peserta didik, pendekatan tim dalam pengembangan
mata kuliah, pelatihan tim pengembang mata kuliah, dan evaluasi mata
kuliah. Institusi pendidikan jarak jauh harus memastikan bahwa mata
kuliah dirancang dan dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan
peserta didik secara efektif.