Page 39 - Quality Assurance of Blended and Online Learning : Standards and Implementation
P. 39
QUALITY ASSURANCE OF BLENDED & ONLINE LEARNING: STANDARDS AND IMPLEMENTATION
• meminta mahasiswa untuk menghubungkan pelajaran dengan 27
situasi riil pada kehidupan mereka, dan/atau
• membuat kegiatan pemecahan masalah/kasus secara berkelompok.
Umpan balik yang cepat
Mahasiswa perlu mendapatkan umpan balik tentang pencapaian
belajarnya. Pemberian umpan balik sangat penting karena dapat
digunakan oleh mahasiswa sebagai indikator apakah mereka telah
mencapai tujuan belajar secara menyeluruh atau belum. Dengan
demikian, mereka dapat melakukan perencanaan kegiatan belajar
selanjutnya. Dalam pembelajaran daring, mahasiswa memiliki harapan
yang sangat tinggi. Mereka biasanya mengharapkan umpan balik yang
cepat atau instan. Dalam pembelajaran daring, umpan balik dapat
diberikan melalui sistem otomatis sehingga dapat bersifat instan
ataupun surat elektronik atau messaging. Saat ini, banyak pembelajaran
daring yang juga memanfaatkan aplikasi media sosial seperti facebook
untuk memberikan umpan balik kepada mahasiswa. Tentu saja, apabila
penyelenggaraan pembelajaran daringnya menggunakan perangkat
lunak khusus seperti Learning Management System (LMS), sistem
pemberikan umpan balik ini biasanya telah terintegrasi dalam kelas
vitualnya.
Tujuan pembelajaran yang ‘masuk akal’ dan dapat dicapai
Sering kali, kita menaruh harapan terlalu tinggi pada pembelajaran
daring sehingga merumuskan tujuan pembelajaran yang terlalu
tinggi dan sulit dicapai oleh mayoritas mahasiswa. Akibatnya, banyak
mahasiswa yang menjadi terdemotivasi dan gagal dalam menyelesaikan
pembelajaran daringnya. Kita perlu merumuskan tujuan pembelajaran
yang pas, yaitu yang cukup tinggi, sehingga memicu motivasi dan
efektivitas belajar, tetapi tidak terlalu tinggi agar tidak sulit dicapai
oleh mahasiswa. Oleh karena itu, ketika kita merumuskan tujuan
pembelajaran, sebaiknya
• eksplisit dan terperinci sehingga ada tahapan pencapaian yang
mudah diraih,
• dituangkan dalam silabus yang cukup detail, termasuk tugas yang
harus dikerjakan dan kompetensi yang diharapkan dicapai dalam
setiap tahapannya, dan
• disertai contoh hasil belajar yang ideal kepada seluruh peserta
dalam kelas.