Page 35 - Quality Assurance of Blended and Online Learning : Standards and Implementation
P. 35

QUALITY ASSURANCE OF  BLENDED & ONLINE LEARNING: STANDARDS AND IMPLEMENTATION

                      Makro           Meso              Mikro           23
          Output                Faktor evaluasi:  Faktor evaluasi:
                                •  efektivitas biaya  •  efektivitas pembelajaran
                                                 •  kepuasan pembelajaran
                                                 •  kepuasan dosen/
                                                    instruktur/tutor

              Lebih jauh pada aspek pedagogi, Anderson dan McCormick (2005)
          menyebutkan ada 10 prinsip utama yang harus diperhatikan dalam
          perencanaan dan penyelenggaraan pembelajaran daring yang bermutu,
          yaitu yang berkaitan dengan kurikulum, desain materi, perencanaan,
          proses belajar, serta asesmen dan proses pembelajaran (curriculum fit;
          content design; planning; learning; assessment and teaching).
              Kesepuluh prinsip tersebut sebagai berikut.
          Prinsip 1:  Kesesuaian dengan kurikulum
                  Rumuskan tujuan  pembelajaran dengan  jelas. Pastikan
                  relevansi materi yang akan dipelajari dengan tujuan
                  pembelajaran. Pastikan kelayakan kegiatan belajar bagi
                  mahasiswa dan pilih metode asesmen hasil belajar yang
                  sesuai (jika akan diases).

          Prinsip 2:   Inklusivitas
                  Rancanglah pedagogi pembelajaran yang mendukung
                  praktik pembelajaran inklusif untuk memfasilitasi beragam
                  jenis dan tingkat capaian belajar yang diinginkan mahasiswa,
                  mahasiswa berkebutuhan khusus, keragaman latar belakang
                  sosial dan etnis, serta jenis kelamin.


          Prinsip 3:   Keterlibatan mahsiswa
                  Rancanglah pedagogi yang dapat mengajak dan memotivasi
                  mahasiswa untuk melakukan pembelajaran aktif dan
                  mencapai kesuksesan belajar.

          Prinsip 4:   Daya inovasi
                  Gunakan teknologi inovatif yang dapat memberi nilai
                  tambah pada kualitas pembelajaran. Artinya, pendekatan
                  yang digunakan memperlihatkan bahwa penggunaan
                  sistem pembelajaran daring ini memang mendukung tujuan
                  pembelajaran yang telah ditetapkan yang akan sulit dicapai
                  jika tidak dilakukan secara daring.
   30   31   32   33   34   35   36   37   38   39   40