Page 34 - Quality Assurance of Blended and Online Learning : Standards and Implementation
P. 34
NASKAH BUKU BESAR PROFESOR UNIVESITAS TERBUKA
kerangka ini digunakan untuk pedoman penyelenggaraan penjaminan
22
mutu output sehingga output-nya sendiri tidak menjadi faktor yang
dikendalikan atau (atau tidak dijadikan variabel yang memengaruhi
mutu) dan dijadikan sebagai variabel ‘akibat’ yang menunjukkan mutu
sebagai hasil dari input dan proses yang dikendalikan mutunya.
Tabel 2.1
Faktor-Faktor yang Memengaruhi Mutu (Masoumi & Lindstrom)
Makro Meso Mikro
Input Faktor institusional: Faktor institusional: Faktor teknologi:
• aspek institusi • aspek institusi • desain laman muka
• aspek administrasi Faktor pedagogi
Faktor teknologi: • penelitian • lingkungan pembelajaran
• aksesibilitas • reputasi • sumber pembelajaran
Faktor desain pembelajaran
Faktor teknologi • kejelasan tujuan
• pengembangan pembelajaran
dan • personalisasi
kesinambungan • pengorganisasian sumber
teknologi pembelajaran
• keberfungsian • kemutakhiran dan
teknologi ketepatan sumber
• aksesibilitas pembelajaran
Proses Dukungan bagi Faktor pedagogi:
mahasiswa: • keberpusatan pada
• dukungan mahasiswa
administratif • komunikasi dan
• dukungan teknis interaktivitas
• asesmen
Dukungan bagi dosen/ Dukungan bagi mahasiswa:
instruktur/tutor: • dukungan administratif
• dukungan • dukungan teknis
administratif Dukungan bagi dosen/
• dukungan teknis instruktur/tutor:
• dukungan administratif
• dukungan teknis
• dukungan pedagogi