Page 32 - Quality Assurance of Blended and Online Learning : Standards and Implementation
P. 32

NASKAH BUKU BESAR PROFESOR UNIVESITAS TERBUKA

                      c.  Aspek sosial: luaran lain dari suatu proses pembelajaran yang
            20
                         penting, tetapi bersifat informal adalah terjadinya proses sosial
                         yang menciptakan suatu komunitas  sehingga aspek ini harus
                         diciptakan dalam pembelajaran daring sekali pun.
                      d.  Lingkungan pembelajaran: menciptakan  ‘rasa kelas secara
                         fisik’ dapat menjadi faktor penting untuk menurunkan tingkat
                         dropout. Hal ini dapat dilakukan dengan merancang fokus ling-
                         kungan pembelajaran pada interaksi sosial, seperti fitur untuk
                         komunikasi personal, diskusi, pemberian motivasi,  keterlibatan
                         individual, share materi pembelajaran, dan sebagainya.
                      e.  Asesmen: seperti  pada pembelajaran  konvensional, jenis dan
                         cara asesmen pada pembelajaran  daring juga menentukan
                         bagaimana kegiatan pembelajaran harus dirancang. Di sam-
                         ping itu, asesmen daring juga perlu memperhatikan faktor ke-
                         amanan, aksesibilitas, identifikasi, dan plagiarisme.
                      f.   Sumber pembelajaran: mahasiswa perlu diberi beragam sum-
                         ber pembelajaran agar dapat mencapai hasil belajar yang  pa-
                         ling optimal, baik berupa bahan ajar digital maupun nondigital,
                         baru  ataupun hasil remix, ataupun link ke sumber pembelajaran
                         lainnya.

                  (5)  Dukungan bagi peserta didik
                      a   Dukungan administratif: seperti untuk layanan informasi, ad-
                         misi, pembayaran iuran pendidikan, proses pembelajaran, kelu-
                         lusan, dan lain-lain  merupakah hal yang sangat penting.
                      b   Dukungan teknis: mahasiswa memiliki kemampuan teknis yang
                         berbeda-beda. Oleh karena itu, harus tersedia layanan bantuan
                         teknik bagi mahasiswa, khususnya terkait cara mengoperasikan
                         teknologi yang digunakan dalam pembelajaran daring terkait.
                  (6)  Dukungan bagi dosen
                      a.  Dukungan teknis pada pengembangan mata kuliah/mata pe-
                         lajaran: tidak semua dosen memiliki kemampuan teknis un-
                         tuk mengembangkan mata kuliah/mata pelajaran berbasis
                         teknologi.  Oleh karena  itu, harus disediakan tim pendukung
                         teknik.
                      b.  Dukungan administratif: dosen perlu mendapatkan dukungan
                         dalam hal administratif, termasuk pengaturan beban kerja dan
                         bantuan terkait isu hak cipta (mendapatkan hak  cipta atau me-
   27   28   29   30   31   32   33   34   35   36   37