Page 36 - Quality Assurance of Blended and Online Learning : Standards and Implementation
P. 36

NASKAH BUKU BESAR PROFESOR UNIVESITAS TERBUKA

                  Prinsip 5:   Pembelajaran efektif
            24
                           Dapat dilakukan dengan beberapa cara, di antaranya
                           dengan (a) penggunaan beberapa pendekatan desain yang
                           memungkinkan mahasiswa memilih salah satu pendekatan
                           yang paling sesuai dengan dirinya, personalisasi desain
                           tampilan dan proses pembelajaran, serta memberikan
                           fasilitasi untuk mahasiswa mengembangkan kemampuan
                           belajar  mandirinya  (belajar  cara  belajar);  (b)  pemanfaatan
                           fitur-fitur pembelajaran yang akan mendorong proses
                           metakognitif dan kolaborasi; serta (c) pemberian materi
                           pembelajaran yng sesuai dengan konteks mahasiswa, tetapi
                           bisa memperlihatkan keragaman perspektif.


                  Prinsip 6:   Asesmen formatif
                           Berikan kesempatan pada mahasiswa untuk melakukan
                           asesmen formatif, seperti melalui pemberian umpan balik
                           mengenai hal-hal yang harus mereka perkuat dan bagaimana
                           caranya, pemberian kesempatan kepada mahasiswa untuk
                           saling memberi umpan balik satu sama lain, dan tentu saja
                           pemberian kesempatan kepada mahasiswa untuk melakukan
                           evaluasi diri.

                  Prinsip 7:   Asesmen sumatif
                           Fasilitasi asesmen sumatif untuk menilai hasil belajar
                           mahasiswa, untuk menentukan kelulusan, ataupun untuk
                           memberi panduan bagi mahasiswa dalam memilih arah
                           pendidikan selanjutnya.

                  Prinsip 8:   Utuh, konsisten, dan transparan
                           Keseluruhan pembelajaran harus konsisten, mulai dari
                           tujuan, materi, kegiatan pembelajaran, dan asesmen.
                           Semua harus sesuai, materi yang diberikan harus utuh, dan
                           dapat mempersiapkan mahasiswa untuk mencapai tujuan
                           pembelajaran. Asesmen harus dirancang untuk mengukur
                           apakah tujuan yang ditetapkan dapat dicapai. Mahasiswa
                           sejak  awal sudah  harus diberi informasi  mengenai tujuan
                           pembelajaran, bagaimana proses pembelajaran akan
                           dilakukan, dan bagaimana nantinya mereka akan diases.
   31   32   33   34   35   36   37   38   39   40   41