Page 31 - Quality Assurance of Blended and Online Learning : Standards and Implementation
P. 31
QUALITY ASSURANCE OF BLENDED & ONLINE LEARNING: STANDARDS AND IMPLEMENTATION
e. Desain laman muka (interface) dari platform: tampilan dan ‘fi- 19
tur’ navigasi yang akan dilihat dan digunakan oleh mahasiswa
dalam interaksi pada pembelajaran daring. Harus dirancang
agar memudahkan proses pembelajaran sesuai desain yang
dibuat.
(3) Faktor desain pembelajaran
a. Kejelasan tujuan pembelajaran: hal sangat penting untuk pem-
belajaran efektif.
b. Personalisasi: personalisasi dan kustomisasi rancangan pem-
belajaran akan memfasilitasi proses pembelajaran yang paling
sesuai dengan kebutuhan mahasiswa.
c. Pemilihan skenario pembelajaran yang tepat: skenario pem-
belajaran dikembangkan berdasarkan pemahaman terhadap
cara mahasiswa belajar dan merupakan metode pedagogi yang
akan membentuk dan memengaruhi setiap aspek pembelaja-
ran.
d. Pengorganisasian sumber pembelajaran: pembelajaran daring
menekankan kemandirian dalam belajar. Oleh karena itu, sum-
ber belajar harus dikemas dan diorganisasikan secara sistematis
agar mudah dimanfaatkan oleh mahasiswa. Pilihan dan urutan
sumber belajar akan sangat memengaruhi efektivitas pembela-
jaran.
e. Kemutakhiran dan akurasi sumber pembelajaran: sumber bela-
jar yang digunakan/diberikan harus mutakhir dan akurat.
(4) Faktor pedagogi
a. Keberpusatan pembelajaran pada mahasiswa: efektivitas pem-
belajaran sangat dipengaruhi oleh keterlibatan aktif (bertanya,
berpendapat, menulis, dan mengontekstualisasikan materi
dengan pengalaman). Pedagogi yang berpusat pada maha-
siswa dan memberikan ruang kepada mahasiswa untuk me-
nyatakan pendapat, membuat keputusan, dan melakukan ref-
leksi akan mendukung mahasiswa untuk terlibat secara aktif.
b. Komunikasi dan interaktivitas: interaksi mahasiswa dengan
dosen, sesama mahasiswa lainnya, dan lingkungan pembe-
lajaran merupakan inti proses yang akan menciptakan dialog
antara unsur-unsur pembelajaran. Perencanaan untuk mencip-
takan interaksi dalam pembelajaran daring merupakan kunci
dari efektivitas komunikasi dan interaktivitas.