Page 29 - Quality Assurance of Blended and Online Learning : Standards and Implementation
P. 29

QUALITY ASSURANCE OF  BLENDED & ONLINE LEARNING: STANDARDS AND IMPLEMENTATION

          pembelajaran, penilaian hasil belajar, serta  monitoring dan evaluasi   17
          untuk perbaikan yang berkelanjutan. Sementara itu, aspek  output
          meliputi lulusan dan produk akademik lainnya serta  outcome yang
          biasanya diukur melalui prestasi atau capaian lulusan setelah terjun ke
          dunia kerja yang menggambarkan dampak program dalam masyarakat
          ataupun ekonomi masyarakat.
              Berdasarkan reviu berbagai praktik dan quality assurance guidelines,
          Masoumi dan Lindstrom (2012) menggambarkan komponen mutu dalam
          suatu kerangka penjaminan mutu yang cukup komprehensif.  Kerangka
          tersebut menunjukkan bahwa mutu pjj dan khususnya pjj daring perlu
          dilihat dari faktor berikut: (1) institusional, (2) teknologi, (3) desain
          pembelajaran, (4), faktor pedagogi, (5) dukungan bagi peserta didik, (6)
          dukungan bagi dosen, dan (7) evaluasi. Faktor-faktor ini selaras dengan
          pendapat Anderson (2005) yang menyebutkan bahwa mutu pjj daring di
          satu sisi ditentukan oleh pemenuhan spesifikasi teknis dan ketersediaan
          infrastruktur; sedangkan di sisi lain oleh aspek pedagogis (perencanaan,
          belajar mengajar, dan asesmen) serta dengan aspek institusional seperti
          komitmen manajemen yang dapat mendukung penyelenggaraan pjj
          tersebut. Gambar 2.3 secara terperinci memperlihatkan kerangka mutu
          dari Masoumi dan Lindstrom.

          (1)  Faktor institusional
             a.  Organisasi: struktur organisasi, sistem akademik, dan sistem
                 penganggaran.
             b.  Administrasi: sistem dan layanan administrasi yang menun-
                 jang proses pembelajaran daring (termasuk infrastruktur untuk
                 pembelajaran daring).
             c.  Penelitian: kebijakan mengenai penelitian dan sejauh mana
                 penelitian yang  dilakukan menunjang peningkatan kualitas
                 pembelajaran.
             d.  Reputasi: reputasi institusi menunjukkan pengakuan masyara-
                 kat terhadap institusi.
   24   25   26   27   28   29   30   31   32   33   34