Page 25 - Quality Assurance of Blended and Online Learning : Standards and Implementation
P. 25
QUALITY ASSURANCE OF BLENDED & ONLINE LEARNING: STANDARDS AND IMPLEMENTATION
hybrid yang sudah mulai kental pemanfaatan teknologinya. Bates (2022) 13
menambahkan bahwa dalam spektrum modus pembelajaran, juga ada
perbedaan antara pembelajaran daring sinkronus dan asinkronus serta
perkuliahan HyFlex yang merupakan penawaran mata kuliah melalui
semua jenis modus yang ada. Semua terminologi modus pembelajaran
ini sangat penting untuk didefinisikan agar peserta didik memahami
proses pembelajaran yang harus ditempuhnya.
Selaras dengan Bates, berdasarkan survei yang dilakukan oleh
Canadian Digital Learning Research Association (CDLRA) kepada
institusi-institusi pendidikan tinggi di Kanada, Johnson (2021) membuat
kerangka spektrum moda pembelajaran mulai dari sepenuhnya tatap
muka hingga sepenuhnya daring (Gambar 2.2). Lebih jauh, temuan
survei tersebut menunjukkan bahwa ada beberapa terminologi yang
digunakan oleh institusi-institusi yang disurvei untuk menggambarkan
pembelajaran digital atau digital learning, yaitu daring learning, remote
learning, distance learning, dan hybrid learning. Ternyata, survei tersebut
memperlihatkan bahwa pemahaman para responden (umumnya dosen)
atas terminologi yang sama juga sangat beragam (Johnson, 2021).
Sumber: Johnson (2021), hlm. 7
Gambar 2.2
Spektrum Moda Pembelajaran Johnson (2021)
Online Learning
• Pembelajaran campuran asinkronus dan sinkronus yang dilakukan
secara daring.
• Pembelajaran yang sepenuhnya dilakukan melalui/dalam sistem
manajemen pembelajaran (learning management system/LMS ).