Page 25 - Quality Assurance of Blended and Online Learning : Standards and Implementation
P. 25

QUALITY ASSURANCE OF  BLENDED & ONLINE LEARNING: STANDARDS AND IMPLEMENTATION

          hybrid yang sudah mulai kental pemanfaatan teknologinya. Bates (2022)   13
          menambahkan bahwa dalam spektrum modus pembelajaran, juga ada
          perbedaan antara pembelajaran daring sinkronus dan asinkronus serta
          perkuliahan  HyFlex yang merupakan penawaran mata kuliah melalui
          semua jenis modus yang ada. Semua terminologi modus pembelajaran
          ini sangat penting untuk didefinisikan agar peserta didik memahami
          proses pembelajaran yang harus ditempuhnya.
              Selaras dengan Bates, berdasarkan survei yang dilakukan oleh
          Canadian Digital Learning Research Association (CDLRA) kepada
          institusi-institusi pendidikan tinggi di Kanada, Johnson (2021) membuat
          kerangka spektrum moda pembelajaran mulai dari sepenuhnya tatap
          muka hingga sepenuhnya daring (Gambar 2.2). Lebih jauh, temuan
          survei  tersebut menunjukkan bahwa  ada beberapa  terminologi yang
          digunakan oleh institusi-institusi yang disurvei untuk menggambarkan
          pembelajaran digital atau digital learning, yaitu daring learning, remote
          learning, distance learning, dan hybrid learning. Ternyata, survei tersebut
          memperlihatkan bahwa pemahaman para responden (umumnya dosen)
          atas terminologi yang sama juga sangat beragam (Johnson, 2021).























          Sumber: Johnson (2021), hlm. 7

          Gambar 2.2
          Spektrum Moda Pembelajaran Johnson (2021)

          Online Learning
          •   Pembelajaran campuran asinkronus dan sinkronus yang dilakukan
              secara daring.
          •   Pembelajaran yang sepenuhnya dilakukan melalui/dalam sistem
              manajemen pembelajaran (learning management system/LMS ).
   20   21   22   23   24   25   26   27   28   29   30