Page 20 - Quality Assurance of Blended and Online Learning : Standards and Implementation
P. 20

NASKAH BUKU BESAR PROFESOR UNIVESITAS TERBUKA

                  sumber pembelajaran terbuka atau open educational resources (OERs).
             8
                  Pembelajaran daring, yang ditujukan untuk pengganti perkuliahan tatap
                  muka dengan peserta target kelompok usia tertentu (misalnya kelompok
                  usia 18 tahun sampai 23 tahun) serta harus diselesaikan dalam kurun
                  waktu tertentu (misalnya empat tahun harus selesai seluruh program)
                  dan seterusnya, sebenarnya tidak dapat dikategorikan sebagai suatu
                  pembelajaran terbuka. Jika digambarkan secara sederhana irisan antara
                  pembelajaran daring dan pembelajaran daring terbuka, akan tampak
                  seperti dalam Gambar 1.1 (Belawati, 2019).



















                  Gambar 1.1
                  Pembelajaran Terbuka, Pembelajaran Jarak Jauh, dan Pembelajaran Daring


                      Dengan merujuk pada gambar tersebut, bisa kita simpulkan bahwa
                  upaya QA pjj daring tentu juga meliputi semua aspek mutu pjj generasi
                  sebelumnya dengan tambahan aspek digitasi materi pembelajaran dan
                  digitalisasi pada proses interaksi proses pembelajarannya. Oleh karena
                  itu, QA pada pjj daring meliputi penjaminan pemenuhan mutu desain
                  pedagogis, kesiapan pengajar dan mahasiswa, serta ketersediaan
                  infrastruktur dan fasilitas untuk memproduksi materi pembelajaran
                  digital dan untuk menyelenggarakan perkuliahan melalui jaringan.

                  TUJUAN PENULISAN BUKU


                      Upaya memahami makna kata ‘mutu’ atau ‘kualitas’ dan bagaimana
                  cara mengukurnya telah dilakukan oleh berbagai lembaga, baik lembaga
                  pemerintah maupun lembaga kemasyarakatan, seperti asosiasi, forum,
                  perkumpulan,  baik pada  tingkat nasional, regional, maupun  global.
                  Upaya-upaya itu telah melahirkan berbagai definisi dan kerangka
                  (framework), panduan (guidelines), standar, ataupun indikator-indikator
   15   16   17   18   19   20   21   22   23   24   25