Page 20 - Quality Assurance of Blended and Online Learning : Standards and Implementation
P. 20
NASKAH BUKU BESAR PROFESOR UNIVESITAS TERBUKA
sumber pembelajaran terbuka atau open educational resources (OERs).
8
Pembelajaran daring, yang ditujukan untuk pengganti perkuliahan tatap
muka dengan peserta target kelompok usia tertentu (misalnya kelompok
usia 18 tahun sampai 23 tahun) serta harus diselesaikan dalam kurun
waktu tertentu (misalnya empat tahun harus selesai seluruh program)
dan seterusnya, sebenarnya tidak dapat dikategorikan sebagai suatu
pembelajaran terbuka. Jika digambarkan secara sederhana irisan antara
pembelajaran daring dan pembelajaran daring terbuka, akan tampak
seperti dalam Gambar 1.1 (Belawati, 2019).
Gambar 1.1
Pembelajaran Terbuka, Pembelajaran Jarak Jauh, dan Pembelajaran Daring
Dengan merujuk pada gambar tersebut, bisa kita simpulkan bahwa
upaya QA pjj daring tentu juga meliputi semua aspek mutu pjj generasi
sebelumnya dengan tambahan aspek digitasi materi pembelajaran dan
digitalisasi pada proses interaksi proses pembelajarannya. Oleh karena
itu, QA pada pjj daring meliputi penjaminan pemenuhan mutu desain
pedagogis, kesiapan pengajar dan mahasiswa, serta ketersediaan
infrastruktur dan fasilitas untuk memproduksi materi pembelajaran
digital dan untuk menyelenggarakan perkuliahan melalui jaringan.
TUJUAN PENULISAN BUKU
Upaya memahami makna kata ‘mutu’ atau ‘kualitas’ dan bagaimana
cara mengukurnya telah dilakukan oleh berbagai lembaga, baik lembaga
pemerintah maupun lembaga kemasyarakatan, seperti asosiasi, forum,
perkumpulan, baik pada tingkat nasional, regional, maupun global.
Upaya-upaya itu telah melahirkan berbagai definisi dan kerangka
(framework), panduan (guidelines), standar, ataupun indikator-indikator