Page 19 - Quality Assurance of Blended and Online Learning : Standards and Implementation
P. 19

QUALITY ASSURANCE OF  BLENDED & ONLINE LEARNING: STANDARDS AND IMPLEMENTATION

          pembelajaran tatap muka. Jadi, ada dikotomi antara pembelajaran   7
          daring dan pembelajaran tatap muka (Belawati, 2019). Namun, dalam
          perkembangannya, praktik pembelajaran, baik yang tatap muka maupun
          yang daring, mengalami perubahan. Sekarang ini, praksis pendidikan
          sudah sangat berkembang dan melahirkan spektrum yang kontinum
          mulai dari yang tatap muka, PJJ konvensional, hingga daring dengan
          beragam model penyelenggaraan. Bates (2019) menjabarkan bahwa
          spektrum pembelajaran sekarang tidak lagi merupakan suatu dikotomi.
          Di antara PJJ konvensional dengan metode yang lebih konvensional
          hingga yang sepenuhnya daring, terdapat modus pembelajaran bauran
          atau kombinasi (blended learning) yang menggabungkan pemanfaatan
          teknologi dalam beberapa aspek pembelajarannya. Modus bauran
          itu sendiri dapat dibedakan lagi, tergantung dari seberapa besar
          penggunaan teknologi dalam pembelajarannya, mulai dari hanya
          berbantuan teknologi (technology-enhanced learning),  flipped, atau
          hybrid yang sudah  mulai kental  pemanfaatan  teknologinya. Senada
          dengan Bates, Johnson (2021) menyebutkan bahwa keseluruhan
          spektrum moda pembelajaran terdiri atas yang sepenuhnya tatap muka
          (in-person learning), pembelajaran tatap muka berbantuan teknologi (in-
          person technology supported learning),  pembelajaran kombinasi tatap
          muka dan daring (hybrid/blended learning), pembelajaran sepenuhnya
          daring (fully online learning), dan pembelajaran jarak jauh secara luring
          (offline distance learning).
              PJJ, seperti disebutkan sebelumnya, merupakan sistem pendidikan
          yang proses pembelajarannya dilakukan  secara jarak jauh dengan
          menerapkan metode pembelajaran jarak jauh (pjj). Dengan demikian,
          pembelajaran jarak jauh merupakan sistem atau metode pembelajaran
          yang dilaksanakan oleh dosen yang terpisah dari mahasiswa melalui
          pemanfaatan berbagai  media  komunikasi  dan  media  pembelajaran,
          termasuk  melalui  media  internet  atau  daring.  Dengan  demikian,
          metode pembelajaran daring merupakan bagian dari metode pjj yang
          dilaksanakan melalui jaringan internet dengan memanfaatkan berbagai
          platform dan media pembelajaran digital (Belawati, 2019).
              Pembelajaran daring sering diasumsikan sebagai pembelajaran
          terbuka (open learning) walaupun sebenarnya tidak semua pembelajaran
          daring bersifat terbuka. Pembelajaran terbuka mengandung pengertian
          fleksibilitas dalam aspek usia pemelajar (tidak ada batasan usia),
          lokasi (bisa dari mana saja), biaya (murah bahkan gratis), lama studi
          (tidak ada batasan waktu studi), prasyarat (tidak perlu memiliki ijazah
          pendidikan lampau),  multientry dan  multiexit (dapat masuk dan
          berhenti pada berbagai alternatif waktu/kapan saja), serta mengadopsi
   14   15   16   17   18   19   20   21   22   23   24