Page 24 - Quality Assurance of Blended and Online Learning : Standards and Implementation
P. 24
NASKAH BUKU BESAR PROFESOR UNIVESITAS TERBUKA
12 ebelum mendefinisikan mutu, sebaiknya kita memahami terlebih
Sdahulu terminologi yang digunakan untuk pembelajaran jarak jauh
(pjj) dan pembelajaran daring (pjj daring) yang sangat bervariasi, mulai
dari digital learning, e-learning, daring learning, virtual learning, dan
sebagainya. Penggunaan terminologi-terminologi ini sering dipakai
berganti-ganti. Walaupun sepertinya kita memiliki gambaran apa yang
dimaksudkan ketika kita mendengar terminologi-terminologi tersebut,
sebenarnya maknanya dapat berbeda-beda.
PENGERTIAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH DAN DARING
Pendidikan dan pembelajaran jarak jauh pada awalnya sering dilihat
dalam konteks dikotomi dengan pendidikan konvensional yang tatap
muka secara langsung di dalam kelas. Seperti telah disebutkan bahwa
dalam perkembangannya, modus pembelajaran semakin beragam dan
menciptakan suatu spektrum kontinum, mulai dari sepenuhnya tatap
muka hingga yang sepenuhnya daring.
Gambar 2.1
Spektrum Moda Pembelajaran Bates (2016)
Gambar 2.1 memperlihatkan keragaman moda pembelajaran
dari yang sepenuhnya tatap muka hingga yang sepenuhmya daring
yang tidak lagi merupakan suatu dikotomi. Seperti telah disampaikan
pada bab Pendahuluan, di antara kedua modus tersebut terdapat
modus pembelajaran bauran (blended learning) yang menggabungkan
pemanfaatan teknologi dalam beberapa aspek pembelajarannya.
Modus bauran itu sendiri dapat dibedakan lagi tergantung dari seberapa
besar penggunaan teknologi dalam pembelajarannya, mulai dari hanya
berbantuan teknologi (technology-enhanced learning), flipped, atau