Page 26 - Quality Assurance of Blended and Online Learning : Standards and Implementation
P. 26

NASKAH BUKU BESAR PROFESOR UNIVESITAS TERBUKA
                  •   Pembelajaran jarak jauh secara sinkronus.
            14
                  •   100% pembelajaran asinkronus.
                  •   Pelatihan di platform virtual.
                  •   Pembelajaran secara jarak jauh dan hibrid.
                  •   Pembelajaran tanpa komponen di dalam kelas.

                  Remote Learning
                  •   Pembelajaran dilakukan pada  lingkungan daring
                  •   Pembelajaran daring sinkron atau asinkron
                  •   Pembelajaran yang tidak direncanakan (misalnya, darurat) secara
                      daring

                  Distance Learning
                  •   Peserta didik memilih lokasi pembelajaran secara jarak jauh
                  •   Peserta didik tidak diharuskan berada di kampus
                  •   Pembelajaran asinkronus atau sinkronus
                  •   Pembelajaran dengan jadwal belajar mandiri dan individual
                  •   Sebagian besar pembelajaran secara asinkronus dengan beberapa
                      kesempatan untuk pembelajaran sinkronus

                  Hybrid Learning
                  •   Identik dengan pembelajaran bauran.
                  •   Berbeda dengan pembelajaran bauran (blended = integrasi daring
                      dan tatap muka; hybrid = mengganti sebagian besar tatap muka
                      dengan daring).
                  •   Memiliki ruang kelas yang dapat digunakan, tetapi menawarkan
                      metode bauran antara tatap muka dan alternatif lain.
                  •   Teori disampaikan secara daring dan praktikum/laboratorium
                      dilakukan di kelas.
                  •   Peserta  didik perlu menghadiri beberapa kali pembelajaran di
                      kampus.
                  •   Peserta didik diharuskan hadir secara fisik beberapa kali dan secara
                      daring beberapa kali (asinkronus atau sinkronus).
                  •   Sebagian besar daring dengan satu atau lebih komponen intensif
                      secara tatap muka.
                  •   Berbagai kombinasi format pembelajaran.
                  •   Campuran interaksi secara daring dan tatap muka yang melibatkan
                      penggunaan teknologi untuk memfasilitasi multimodalitas,
                      fleksibilitas, dan pilihan mahasiswa didik.
   21   22   23   24   25   26   27   28   29   30   31