Page 26 - Quality Assurance of Blended and Online Learning : Standards and Implementation
P. 26
NASKAH BUKU BESAR PROFESOR UNIVESITAS TERBUKA
• Pembelajaran jarak jauh secara sinkronus.
14
• 100% pembelajaran asinkronus.
• Pelatihan di platform virtual.
• Pembelajaran secara jarak jauh dan hibrid.
• Pembelajaran tanpa komponen di dalam kelas.
Remote Learning
• Pembelajaran dilakukan pada lingkungan daring
• Pembelajaran daring sinkron atau asinkron
• Pembelajaran yang tidak direncanakan (misalnya, darurat) secara
daring
Distance Learning
• Peserta didik memilih lokasi pembelajaran secara jarak jauh
• Peserta didik tidak diharuskan berada di kampus
• Pembelajaran asinkronus atau sinkronus
• Pembelajaran dengan jadwal belajar mandiri dan individual
• Sebagian besar pembelajaran secara asinkronus dengan beberapa
kesempatan untuk pembelajaran sinkronus
Hybrid Learning
• Identik dengan pembelajaran bauran.
• Berbeda dengan pembelajaran bauran (blended = integrasi daring
dan tatap muka; hybrid = mengganti sebagian besar tatap muka
dengan daring).
• Memiliki ruang kelas yang dapat digunakan, tetapi menawarkan
metode bauran antara tatap muka dan alternatif lain.
• Teori disampaikan secara daring dan praktikum/laboratorium
dilakukan di kelas.
• Peserta didik perlu menghadiri beberapa kali pembelajaran di
kampus.
• Peserta didik diharuskan hadir secara fisik beberapa kali dan secara
daring beberapa kali (asinkronus atau sinkronus).
• Sebagian besar daring dengan satu atau lebih komponen intensif
secara tatap muka.
• Berbagai kombinasi format pembelajaran.
• Campuran interaksi secara daring dan tatap muka yang melibatkan
penggunaan teknologi untuk memfasilitasi multimodalitas,
fleksibilitas, dan pilihan mahasiswa didik.