Page 166 - Quality Assurance of Blended and Online Learning : Standards and Implementation
P. 166

NASKAH BUKU BESAR PROFESOR UNIVESITAS TERBUKA

           154        Pengembangan       •  Pengajar dan tenaga kependidikan
                      Karier                memiliki akses terhadap kesempatan
                                            pengembangan karier dan studi lanjut.


                      Dukungan teknis    •   Pengajar mendapatkan pelatihan
                                             tentang pedagogis secara berkala.
                                         •   Pengajar mendapat pelatihan teknis
                                             penggunaan teknologi yang digunakan
                                             dalam proses pembelajaran dan
                                             asesmen.
                                         •   Pengajar memiliki akses terhadap
                                             layanan teknis (help desk) penggunaan
                                             teknologi.

                   (7)  Faktor Evaluasi
                      Mutu Lulusan       •   Evaluasi mutu lulusan didasarkan
                                             pada kompetensi/profil lulusan
                                             program studi yang telah ditetapkan.
                      Kepuasan Peserta   •   Evaluasi kepuasan peserta didik
                      Didik                  atas seluruh proses pembelajaran
                                             dilakukan secara konsisten.
                      Kepuasan Pengguna  •   Evaluasi kepuasan pengguna lulusan
                      Lulusan                dilakukan secara konsisten.
                      Alumni             •   Evaluasi penelusuran alumni dan
                                             pengumpulan umpan balik dari
                                             alumni dilakukan secara konsisten.
                                         •    Hasil evaluasi digunakan untuk
                                             perbaikan kurikulum, program, serta
                                             proses pembelajaran dan asesmen
                                             hasil belajar.
                      Dampak             •   Evaluasi dampak lulusan program
                                             terhadap masyarakat dan lingkungan
                                             lulusan.

                      Aspek-aspek yang ditulis dengan huruf miring adalah aspek
                  minimal yang harus ada jika moda pembelajaran menggunakan juga
                  sistem pjj daring. Lebih jauh terkait aspek kunci spesifik untuk pjj secara
                  daring adalah aspek pengalaman pembelajaran dan aksesibilitas.
                  Penyelenggara PJJ harus memastikan bahwa pengajar dan peserta
                  didik memilliki akses yang baik dan stabil terhadap platform  (LMS)
                  serta konten pembelajaran yang dapat diakses, ramah pengguna, dan
                  memenuhi kebutuhan beragam karakteristik peserta didik.
   161   162   163   164   165   166   167   168   169   170   171