Page 166 - Quality Assurance of Blended and Online Learning : Standards and Implementation
P. 166
NASKAH BUKU BESAR PROFESOR UNIVESITAS TERBUKA
154 Pengembangan • Pengajar dan tenaga kependidikan
Karier memiliki akses terhadap kesempatan
pengembangan karier dan studi lanjut.
Dukungan teknis • Pengajar mendapatkan pelatihan
tentang pedagogis secara berkala.
• Pengajar mendapat pelatihan teknis
penggunaan teknologi yang digunakan
dalam proses pembelajaran dan
asesmen.
• Pengajar memiliki akses terhadap
layanan teknis (help desk) penggunaan
teknologi.
(7) Faktor Evaluasi
Mutu Lulusan • Evaluasi mutu lulusan didasarkan
pada kompetensi/profil lulusan
program studi yang telah ditetapkan.
Kepuasan Peserta • Evaluasi kepuasan peserta didik
Didik atas seluruh proses pembelajaran
dilakukan secara konsisten.
Kepuasan Pengguna • Evaluasi kepuasan pengguna lulusan
Lulusan dilakukan secara konsisten.
Alumni • Evaluasi penelusuran alumni dan
pengumpulan umpan balik dari
alumni dilakukan secara konsisten.
• Hasil evaluasi digunakan untuk
perbaikan kurikulum, program, serta
proses pembelajaran dan asesmen
hasil belajar.
Dampak • Evaluasi dampak lulusan program
terhadap masyarakat dan lingkungan
lulusan.
Aspek-aspek yang ditulis dengan huruf miring adalah aspek
minimal yang harus ada jika moda pembelajaran menggunakan juga
sistem pjj daring. Lebih jauh terkait aspek kunci spesifik untuk pjj secara
daring adalah aspek pengalaman pembelajaran dan aksesibilitas.
Penyelenggara PJJ harus memastikan bahwa pengajar dan peserta
didik memilliki akses yang baik dan stabil terhadap platform (LMS)
serta konten pembelajaran yang dapat diakses, ramah pengguna, dan
memenuhi kebutuhan beragam karakteristik peserta didik.