Page 163 - Quality Assurance of Blended and Online Learning : Standards and Implementation
P. 163
QUALITY ASSURANCE OF BLENDED & ONLINE LEARNING: STANDARDS AND IMPLEMENTATION
(2) Faktor Infrastruktur dan Teknologi 151
Kebijakan dan • Kebijakan dan anggaran yang
Anggaran memadai untuk pengadaan dan
pemeliharaan sarana dan prasarana
pendidikan.
• Kebijakan dan anggaran yang
memadai untuk pengadaan dan
pemeliharaan teknologi.
Penerapan Teknologi • Ada penanggung jawab
pengembangan pemanfaatan,
pengadaan, dan pemeliharaan
teknologi yang tepat untuk
administrasi dan pembelajaran.
• Ada peta jalan pemanfaatan
teknologi.
• Dilakukan penelusuran
perkembangan teknologi yang
relevan.
Sistem Informasi • Data dan informasi akademik
dan peserta didik disimpan,
diorganisasikan, dan dimanfaatkan
melalui sistem informasi yang andal
dan aman.
Help Desk • Tersedia layanan teknis (help desk)
penggunaan teknologi untuk
pembelajaran daring dan bauran.
(3) Faktor Desain Program dan Pembelajaran
Kurikulum • Kurikulum program studi
dikembangkan berdasarkan studi
pasar dan dikonsultasikan dengan
pakar sejawat.
• Kurikulum program studi berorientasi
pada masa depan keilmuan serta
pencapaian kualitas lulusan yang
berkarakter dan kompeten.
• Tujuan program studi dinyatakan
secara eksplisit.