Page 163 - Quality Assurance of Blended and Online Learning : Standards and Implementation
P. 163

QUALITY ASSURANCE OF  BLENDED & ONLINE LEARNING: STANDARDS AND IMPLEMENTATION

          (2)  Faktor Infrastruktur dan Teknologi                       151
             Kebijakan dan       •   Kebijakan dan anggaran yang
             Anggaran               memadai untuk pengadaan dan
                                    pemeliharaan sarana dan prasarana
                                    pendidikan.
                                 •   Kebijakan dan anggaran yang
                                    memadai untuk pengadaan dan
                                    pemeliharaan teknologi.
             Penerapan  Teknologi •   Ada penanggung jawab
                                    pengembangan pemanfaatan,
                                    pengadaan, dan pemeliharaan
                                    teknologi yang tepat untuk
                                    administrasi dan pembelajaran.
                                 •   Ada peta jalan pemanfaatan
                                    teknologi.
                                 •   Dilakukan penelusuran
                                    perkembangan  teknologi yang
                                    relevan.
             Sistem Informasi    •   Data dan informasi akademik
                                    dan peserta didik disimpan,
                                    diorganisasikan, dan dimanfaatkan
                                    melalui sistem informasi yang andal
                                    dan aman.
             Help Desk           •   Tersedia  layanan teknis (help desk)
                                    penggunaan teknologi untuk
                                    pembelajaran daring dan bauran.
          (3)  Faktor Desain Program dan Pembelajaran
             Kurikulum           •   Kurikulum program studi
                                    dikembangkan berdasarkan studi
                                    pasar dan dikonsultasikan dengan
                                    pakar sejawat.
                                 •   Kurikulum program studi berorientasi
                                    pada masa depan keilmuan serta
                                    pencapaian kualitas lulusan yang
                                    berkarakter dan kompeten.
                                 •   Tujuan program studi dinyatakan
                                    secara eksplisit.
   158   159   160   161   162   163   164   165   166   167   168