Page 164 - Quality Assurance of Blended and Online Learning : Standards and Implementation
P. 164
NASKAH BUKU BESAR PROFESOR UNIVESITAS TERBUKA
152 Mata Kuliah • Mata kuliah dikembangkan dengan
tujuan yang secara eksplisit
berkontribusi langsung pada
pencapaian tujuan program studi.
• Mata kuliah dirancang untuk dapat
ditawarkan melalui berbagai moda
pembelajaran yang sesuai dan menjadi
preferensi peserta didik.
Materi dan Bahan • Materi pembelajaran disusun secara
Pembelajaran sistematis dan bersifat self-instructional
serta dipelihara kemutakhirannya.
• Bahan pembelajaran dikembangkan
dalam beragam format untuk
meningkatkan personalisasi sesuai dan
menjadi preferensi peserta didik.
(4) Faktor Pedagogi
Proses Pembelajaran • Proses pembelajaran berpusat pada
peserta didik
Lingkungan Belajar • Lingkungan belajar kondusif untuk
pembelajaran yang nyaman dan
interaktif.
• Lingkungan belajar virtual (LMS)
memiliki fitur untuk mendukung
komunikasi dan interaktivitas yang
intensif, mudah dioperasikan, dan
dapat diakses melalui gawai bergerak
(mobile devices).
Sumber Pembelajaran • Sumber pembelajaran yang
digunakan meliputi pemanfaatan
bahan pembelajaran digital yang
menggunakan lisensi CC (OERs) yang
relevan, sahih, dan mutakhir.