Page 164 - Quality Assurance of Blended and Online Learning : Standards and Implementation
P. 164

NASKAH BUKU BESAR PROFESOR UNIVESITAS TERBUKA

           152        Mata Kuliah        •   Mata kuliah dikembangkan dengan
                                             tujuan yang secara eksplisit
                                             berkontribusi langsung pada
                                             pencapaian tujuan program studi.
                                         •   Mata kuliah dirancang untuk dapat
                                             ditawarkan melalui berbagai moda
                                             pembelajaran yang sesuai dan menjadi
                                             preferensi peserta didik.


                      Materi dan Bahan   •   Materi pembelajaran disusun secara
                      Pembelajaran           sistematis dan bersifat self-instructional
                                             serta dipelihara kemutakhirannya.
                                         •   Bahan pembelajaran dikembangkan
                                             dalam beragam format untuk
                                             meningkatkan personalisasi sesuai dan
                                             menjadi preferensi peserta didik.


                   (4)  Faktor Pedagogi
                      Proses Pembelajaran  •  Proses pembelajaran berpusat pada
                                            peserta didik
                      Lingkungan Belajar  •   Lingkungan belajar kondusif untuk
                                             pembelajaran yang nyaman dan
                                             interaktif.
                                         •   Lingkungan belajar virtual (LMS)
                                             memiliki fitur untuk mendukung
                                             komunikasi dan interaktivitas yang
                                             intensif, mudah dioperasikan, dan
                                             dapat diakses melalui gawai bergerak
                                             (mobile devices).
                      Sumber Pembelajaran •   Sumber pembelajaran yang
                                             digunakan meliputi pemanfaatan
                                             bahan pembelajaran digital yang
                                             menggunakan lisensi CC (OERs) yang
                                             relevan, sahih, dan mutakhir.
   159   160   161   162   163   164   165   166   167   168   169