Page 305 - Science and Technology For Society 5.0
P. 305

268  ~ Seminar Internasional FST UT 2021 ~


          organisasi.  Inovasi  sebagai  proses  memperhatikan  cara  di  mana  inovasi
          harus  diatur  sehingga  dapat  membuahkan  hasil;  ini  mencakup  proses
          inovasi secara keseluruhan dan proses pengembangan produk baru. Inovasi
          sebagai  pola  pikir  membahas  internalisasi  inovasi  oleh  individu  anggota
          organisasi  di  mana  inovasi  ditanamkan  dan  mendarah  daging  bersama
          dengan  penciptaan  budaya  organisasi  yang  mendukung  yang
          memungkinkan  inovasi  berkembang.  Kline  (2009)  menyatakan  bahwa
          inovasi  itu  kompleks,  tidak  pasti,  agak  tidak  teratur,  dan  dapat  berubah
          dalam berbagai jenis.
             Secara ringkas, konsep inovasi nilai adalah penggabungan upaya untuk
          melakukan  efisiensi  biaya  yang  dikeluarkan  perusahaan dan  peningkatan
          nilai yang diterima konsumen. Penerapan kedua hal ini secara bersamaan
          menjadi  salah  satu  cara  menciptakan  strategi  samudera  biru.  Strategi
          samudera biru adalah suatu bentuk pendekatan dalam perumusan strategi
          bagi  perusahaan  atau  institusi  yang  fokus  pada  penciptaan  inovasi  nilai.
          Sehingga  tujuan  dari  dilakukannya  strategi  samudera  biru  adalah
          menciptakan  ruang  pasar  yang  belum  dimanfaatkan,  menciptakan
          permintaan,  serta  peluang  pertumbuhan  yang  menguntungkan.  Hal
          tersebut  berbeda  dengan  strategi  samudera  merah  yang  merupakan
          strategi bersaing; sehingga tujuan dari penciptaan strateginya adalah untuk
          memenangkan persaingan pada pasar yang sudah ada, dan mengeksploitasi
          permintaan yang sudah ada.

          2.  Sektor Pertanian: Tantangan Menuju Masyarakat 5.0
             Sektor pertanian merupakan sektor yang potensial dan telah terbukti
          sebagai salah satu sektor yang mampu bertahan dan berkembang selama
          beberapa  kali  masa  krisis  di  Indonesia.  Selain  terhadap  GDP,  sektor
          pertanian juga berkontribusi nyata dalam penyerapan tenaga kerja dalam
          jumlah besar.  Potensi sumber daya alam, pengembangan komoditas, lokasi
          Indonesia  yang  strategis  dan  potensi  pasar  baik  pasar  lokal  maupun
          internasional  menjadi  peluang  bagi  pengembangan  usaha  pertanian  di
          Indonesia  (Ardiansyah,,  Utami,  &  Nugroho,  2020).  Namun  demikian,
          peluang tersebut juga tidak terlepas dari tantangan yang di hadapi sektor
          pertanian, khususnya saat ini yang harus menghadapi era digitalisasi dan
          mewujudkan masyarakat 5.0. Beberapa isu yang masih menjadi tantangan
          bagi  pengembangan  sektor  pertanian  di  Indonesia  diantaranya  aspek
          sumber  daya  manusia,  pembiayaan  kegiatan  pertanian,  harga  dan  pasar
   300   301   302   303   304   305   306   307   308   309   310