Page 304 - Science and Technology For Society 5.0
P. 304
~ Science and Technology for Society 5.0 ~ 267
menjalankan bisnisnya, yaitu dengan menciptakan produk bernilai tinggi
dengan besaran biaya tertentu (diferensiasi) atau menciptakan nilai produk
tertentu dengan biaya rendah (kepemimpinan biaya). Berbeda dengan
konsep inovasi nilai, perusahaan tidak memilih salah satu strategi diantara
diferensiasi maupun kepemimpinan biaya, melainkan menjalankan
keduanya secara bersamaan. Penerapan inovasi nilai pada perusahaan akan
memberikan keuntungan dari struktur biaya dan nilai yang ditawarkan
kepada konsumen. Nilai yang diterima oleh konsumen akan bertambah
dengan menciptakan atau menambahkan elemen- elemen yang belum
ditawarkan oleh perusahaan sebelumnya. Inovasi nilai tercipta ketika
perusahaan menerapkan strategi yang mempengaruhi struktur biaya dan
penawaran nilai bagi pembeli. Penghematan biaya dilakukan dengan cara
menghilangkan dan mengurangi faktor-faktor yang dijadikan titik
persaingan dalam suatu industri. Sedangkan nilai pembeli dapat
ditingkatkan dengan menambah atau bahkan menciptakan elemen-elemen
yang belum pernah ditawarkan oleh industri.
Sumber: Kim & Mabourgne, 2015
Gambar 2. Inovasi Nilai
Inovasi dapat berupa tiga hal yang berbeda, yaitu inovasi berupa hasil,
proses, dan pola pikir (Kahn, 2018). Inovasi sebagai hasil menekankan pada
luaran apa yang dicari, termasuk inovasi produk, inovasi proses, inovasi
pemasaran, inovasi model bisnis, inovasi rantai pasok, dan inovasi