Page 304 - Science and Technology For Society 5.0
P. 304

~ Science and Technology for Society 5.0 ~  267


               menjalankan  bisnisnya,  yaitu  dengan  menciptakan  produk  bernilai  tinggi
               dengan besaran biaya tertentu (diferensiasi) atau menciptakan nilai produk
               tertentu  dengan  biaya  rendah  (kepemimpinan  biaya).  Berbeda  dengan
               konsep inovasi nilai, perusahaan tidak memilih salah satu strategi diantara
               diferensiasi  maupun  kepemimpinan  biaya,  melainkan  menjalankan
               keduanya secara bersamaan. Penerapan inovasi nilai pada perusahaan akan
               memberikan  keuntungan  dari  struktur  biaya  dan  nilai  yang  ditawarkan
               kepada  konsumen.  Nilai  yang  diterima  oleh  konsumen  akan  bertambah
               dengan  menciptakan  atau  menambahkan  elemen-  elemen  yang  belum
               ditawarkan  oleh  perusahaan  sebelumnya.  Inovasi  nilai  tercipta  ketika
               perusahaan menerapkan strategi yang mempengaruhi  struktur biaya dan
               penawaran nilai bagi pembeli. Penghematan biaya dilakukan dengan cara
               menghilangkan  dan  mengurangi  faktor-faktor  yang  dijadikan  titik
               persaingan  dalam  suatu  industri.  Sedangkan  nilai  pembeli  dapat
               ditingkatkan dengan menambah atau bahkan menciptakan elemen-elemen
               yang belum pernah ditawarkan oleh industri.













               Sumber: Kim & Mabourgne, 2015

                                    Gambar 2. Inovasi Nilai

                   Inovasi dapat berupa tiga hal yang berbeda, yaitu inovasi berupa hasil,
               proses, dan pola pikir (Kahn, 2018). Inovasi sebagai hasil menekankan pada
               luaran  apa  yang  dicari,  termasuk  inovasi  produk,  inovasi  proses,  inovasi
               pemasaran,  inovasi  model  bisnis,  inovasi  rantai  pasok,  dan  inovasi
   299   300   301   302   303   304   305   306   307   308   309