Page 303 - Science and Technology For Society 5.0
P. 303

266  ~ Seminar Internasional FST UT 2021 ~


          untuk  memenangkan  persaingan  disebut  dengan  istilah  red  ocean  atau
          samudera merah (Kim & Mabourgne, 2015). Pada kondisi ini secara alami
          pelaku  usaha  akan  berkompetisi  dan  saling  mengungguli  untuk
          memenangkan  persaingan.  Umumnya  dalam  kondisi  red  ocean,  pelaku
          usaha  atau  perusahaan  mengalahkan  lawan  untuk  mendapatkan
          permintaan  yang  lebih  besar  dengan  saling  bersaing.  Dalam  kondisi  red
          ocean, suatu industri dalam suatu ruang pasar yang ramai, maka prospek
          keuntungan dan pertumbuhan akan menurun. Hal tersebut menyebabkan
          lambat laun bisnis akan menjadi kurang menarik lagi. Tabel 1 menunjukkan
          perbedaan antara konsep red ocean dengan blue ocean.

             Tabel 1. Perbedaan Red Ocean Strategy dan Blue Ocean Strategy

                 Red Ocean Strategy            Blue Ocean Strategy
          Bersaing  dalam  ruang  pasar  yang  Menciptakan  ruang  pasar  yang
          sudah                          belum ada
          ada                            pesaingnya
          Memenangi persaingan           Menjadikan  persaingan  menjadi
                                         tidak relevan
          Mengeksploitasi  permintaan  yang  Menciptakan   dan   menangkap
          ada                            permintaan
                                         baru
          Melakukan tarik ulur nilai-biaya   Mendobrak tarik ulur nilai-biaya
          Memadukan  keseluruhan  sistem  Memadukan  keseluruhan  sistem
          kegiatan perusahaan dengan pilihan  kegiatan   perusahaan   dalam
          strategis antara               mengejar diferensiasi
          diferensiasi atau biaya rendah   dan biaya rendah
          Sumber: Kim  & Mabourgne, 2015

             Kim    dan  Mabourgne  (2015)  menyatakan  bahwa  inovasi  nilai
          merupakan salah satu cara dalam menciptakan blue ocean strategy. Inovasi
          nilai  yang  dimaksudkan  disini  adalah  menekankan  terhadap  adanya
          kesetaraan nilai dan inovasi. Dalam hal ini inovasi nilai didefinisikan sebagai
          suatu  cara  baru  untuk  memikirkan  serta  melaksanakan  strategi  ke  arah
          penciptaan blue ocean strategy dan meninggalkan arena kompetisi. Pada
          umumnya  perusahaan  dihadapkan  pada  dua  pilihan  strategi  dalam
   298   299   300   301   302   303   304   305   306   307   308