Page 141 - Pendidikan Untuk Generasi Z : Refleksi dan Inspirasi Penerapan TIK untuk Pendidikan
P. 141
Integrasi Kompetensi Profesional Lanjutan Guru Melalui Mobile Phone
Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah
mengembangkan asesmen kompetensi profesional guru yang ditujukan untuk meningkatkan
kualitas guru dalam pembelajaran melalui dibuatnya Program Peningkatan Kompetensi
Pembelajaran (PKP) Berbasis Zonasi. Program tersebut bertujuan untuk membangun budaya
belajar, meningkatkan kompetensi guru melalui pelatihan, implentasi, meningkatkan kemampuan
dalam melakukan evaluasi yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir tinggi
siswa. Pada akhir program tersebut, guru akan mendapatkan sertifikat yang menyatakan status
mereka apakah kompeten atau tidak. Banyak faktor yang menentukan hasil tersebut diantaranya
adalah kehadiran, sikap selama pembalajaran, partisipasi selama kegiatan, serta performa yang
diperoleh selama pembelajaran berlangsung.
Gambar 34. Alur Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran Berbasis Zonas
(Sumber: www.aansupriyanto.com)
d. Pengukuran Efikasi Diri (Self-Efficacy) pada Guru Sains
Guru sebagai salah satu sumber daya manusia yang penting dalam proses pembelajaran
juga bisa diidentifikasi kualitasnya melalui berbagai instrumen psikologis yang bersifat laporan
diri atau self-report. Banyak instrumen psikologis yang bisa digunakan untuk melihat
sejauhmana kualitas seorang guru dalam bekerja. Di bagian ini, kami sajikan sebuah penelitian
130 Pendidikan Untuk Generasi Z