Page 141 - Pendidikan Untuk Generasi Z : Refleksi dan Inspirasi Penerapan TIK untuk Pendidikan
P. 141

Integrasi Kompetensi Profesional Lanjutan Guru Melalui Mobile Phone

























                                                                                                                                                                               Pemerintah  Indonesia  melalui  Kementerian  Pendidikan  dan  Kebudayaan  telah
























                                                                                                                           mengembangkan asesmen kompetensi profesional guru yang ditujukan untuk meningkatkan

























                                                                                                                           kualitas  guru  dalam  pembelajaran  melalui  dibuatnya  Program  Peningkatan  Kompetensi

























                                                                                                                           Pembelajaran (PKP) Berbasis Zonasi. Program tersebut bertujuan untuk membangun budaya
























                                                                                                                           belajar, meningkatkan kompetensi guru melalui pelatihan, implentasi, meningkatkan kemampuan

























                                                                                                                           dalam  melakukan  evaluasi  yang  bertujuan  untuk  meningkatkan  kemampuan  berpikir  tinggi
























                                                                                                                           siswa. Pada akhir program tersebut, guru akan mendapatkan sertifikat yang menyatakan status

























                                                                                                                           mereka apakah kompeten atau tidak. Banyak faktor yang menentukan hasil tersebut diantaranya

























                                                                                                                           adalah kehadiran, sikap selama pembalajaran, partisipasi selama kegiatan, serta performa yang
























                                                                                                                           diperoleh selama pembelajaran berlangsung.




















































































































































































































































                                                                                                                                                                                                                                                                      Gambar 34. Alur Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran Berbasis Zonas













                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                       (Sumber: www.aansupriyanto.com)





















                                                                                      d. Pengukuran Efikasi Diri (Self-Efficacy) pada Guru Sains

























                                                                                                                                                                                  Guru sebagai salah satu sumber daya manusia yang penting dalam proses pembelajaran

























                                                                                                                           juga bisa diidentifikasi kualitasnya melalui berbagai instrumen psikologis yang bersifat laporan
























                                                                                                                           diri  atau  self-report.  Banyak  instrumen  psikologis  yang  bisa  digunakan  untuk  melihat

























                                                                                                                           sejauhmana kualitas seorang guru dalam bekerja. Di bagian ini, kami sajikan sebuah penelitian








































































                                                        130                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                     Pendidikan Untuk Generasi Z
   136   137   138   139   140   141   142   143   144   145   146