Page 139 - Pendidikan Untuk Generasi Z : Refleksi dan Inspirasi Penerapan TIK untuk Pendidikan
P. 139

dengan metode yang lebih menarik, membuat dan mengintegrasikan instrumen evaluasi
























                                                                                                                                               yang lebih komprehensif, serta menjadi sumber aktivitas lainnya selama pembelajaran.

























                                                                                                                                                                                                       Membagikan  ilmu  dengan  TIK.  Keberadaan  TIK  bagi  guru  tentunya  bisa  menjadi

























                                                                                                                                               sarana bagi mereka untuk mengembangkan keilmuan dan karier lebih besar lagi. Karena di
























                                                                                                                                               dalamnya mereka bisa menjadi model berharga yang menjadi panutan bagi banyak orang.

























                                                                                                                                               Mereka bisa menjadi ahli atau narasumber terpercaya yang hal itu tentunya bisa dicapai
























                                                                                                                                               dengan bantuan TIK.




















































                                                                                                            c. Asesmen Profesional Lanjutan Guru Melalui Mobile Phone

























                                                                                                                                                                                                       Untuk  memperoleh  sumber  daya  guru  yang  optimal,  tentunya  dibutuhkan  suatu
























                                                                                                                                               bentuk  evaluasi  yang  komprehensif  dan  substansif.  Evaluasi  tersebut  lebih  tepatnya

























                                                                                                                                               menyesuaikan  dengan  perkembangan  teknologi  saat  ini  yang  akan  memudahkan  dan
























                                                                                                                                               mempercepat hasil yang diperoleh. Saat ini, banyak sekali evaluasi yang harus dilakukan

























                                                                                                                                               oleh Guru untuk mengembangkan keilmuan mereka. Seperti Uji Kompetensi Guru (UKG) yang

























                                                                                                                                               biasa dilakukan untuk mengevaluasi kemampuan pedagogis dan profesional guru di berbagai
























                                                                                                                                               jenjang sekolah dan wilayah di Indonesia. Evaluasi lain juga seringkali dilakukan oleh masing-

























                                                                                                                                               masing sekolah melalui kegiatan penilaian bersama secara terstruktur.
























                                                                                                                                                                                                       Asesmen perkembangan profesionalitas lanjutan guru menjadi salah satu bentuk

























                                                                                                                                               evaluasi  yang  digunakan  untuk  melihat  sejauhmana  kualitas  dan  perkembangan  belajar

























                                                                                                                                               mengajar yang diterapkan oleh seorang guru. Selain itu, untuk membantu mengoptimalkan
























                                                                                                                                               setiap guru untuk mengembangkan kompetensi mereka, maka sebaiknya perlu diperkuat

























                                                                                                                                               metode seperti penguatan kelompok kerja guru (KKG).  Kegiatan tersebut banyak dilakukan

























                                                                                                                                               sebagai  upaya  untuk  memperkuat  berbagai  kompetensi  guru  dengan  melibatkan  rekan
























                                                                                                                                               sejawat mereka dalam suatu instansi dan berdiskusi bersama untuk kembali membangun

























                                                                                                                                               semangat kerja dan kualitas yang lebih baik. Kelompok kerja guru juga diharapkan dapat
























                                                                                                                                               membantu menjadi indikator lain dalam melakukan asesmen profesional lanjutan terhadap

























                                                                                                                                               mereka.




























































                                                  128                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                             Pendidikan Untuk Generasi Z
   134   135   136   137   138   139   140   141   142   143   144