Page 139 - Pendidikan Untuk Generasi Z : Refleksi dan Inspirasi Penerapan TIK untuk Pendidikan
P. 139
dengan metode yang lebih menarik, membuat dan mengintegrasikan instrumen evaluasi
yang lebih komprehensif, serta menjadi sumber aktivitas lainnya selama pembelajaran.
Membagikan ilmu dengan TIK. Keberadaan TIK bagi guru tentunya bisa menjadi
sarana bagi mereka untuk mengembangkan keilmuan dan karier lebih besar lagi. Karena di
dalamnya mereka bisa menjadi model berharga yang menjadi panutan bagi banyak orang.
Mereka bisa menjadi ahli atau narasumber terpercaya yang hal itu tentunya bisa dicapai
dengan bantuan TIK.
c. Asesmen Profesional Lanjutan Guru Melalui Mobile Phone
Untuk memperoleh sumber daya guru yang optimal, tentunya dibutuhkan suatu
bentuk evaluasi yang komprehensif dan substansif. Evaluasi tersebut lebih tepatnya
menyesuaikan dengan perkembangan teknologi saat ini yang akan memudahkan dan
mempercepat hasil yang diperoleh. Saat ini, banyak sekali evaluasi yang harus dilakukan
oleh Guru untuk mengembangkan keilmuan mereka. Seperti Uji Kompetensi Guru (UKG) yang
biasa dilakukan untuk mengevaluasi kemampuan pedagogis dan profesional guru di berbagai
jenjang sekolah dan wilayah di Indonesia. Evaluasi lain juga seringkali dilakukan oleh masing-
masing sekolah melalui kegiatan penilaian bersama secara terstruktur.
Asesmen perkembangan profesionalitas lanjutan guru menjadi salah satu bentuk
evaluasi yang digunakan untuk melihat sejauhmana kualitas dan perkembangan belajar
mengajar yang diterapkan oleh seorang guru. Selain itu, untuk membantu mengoptimalkan
setiap guru untuk mengembangkan kompetensi mereka, maka sebaiknya perlu diperkuat
metode seperti penguatan kelompok kerja guru (KKG). Kegiatan tersebut banyak dilakukan
sebagai upaya untuk memperkuat berbagai kompetensi guru dengan melibatkan rekan
sejawat mereka dalam suatu instansi dan berdiskusi bersama untuk kembali membangun
semangat kerja dan kualitas yang lebih baik. Kelompok kerja guru juga diharapkan dapat
membantu menjadi indikator lain dalam melakukan asesmen profesional lanjutan terhadap
mereka.
128 Pendidikan Untuk Generasi Z