Page 144 - Pendidikan Untuk Generasi Z : Refleksi dan Inspirasi Penerapan TIK untuk Pendidikan
P. 144
• Iklim AKademik. Situasi dimana kegiatan didasarkan pada kebenaran dalam mendapatkan
pengetahuan, setiap orang berperilaku dengan berpedoman pada etika dan nilai-nilai
kebenaran, serta keadaan yang penuh semangat untuk memecahkan suatu masalah baik
dalam situasi formal ataupun informal.
• Kelompok Kerja Guru (KKG). Sebuah unit komunitas yang dibentuk sebagai wadah diskusi,
berbagi pengalaman sekaligus media penguat bagi guru untuk mengembangkan
kemampuan dan profesionalitas mereka sebagai guru.
• Kepuasaan Kerja. Perasaan puas, lega, senang dan terpenuhi yang dirasakan oleh
karyawan dalam pekerjaanya sehingga mereka bisa mengoptimalkan potensi yang
dimilikinya.
• Kerangka Kerja. Model berpikir atau sebuah rencana yang disusun untuk melakukan tugas-
tugas pekerjaan yang terstruktur dan penuh persiapan sehingga harapannya bisa
mencapai target yang ditentukan.
• Knowledge-Based Society. Istilah ini mengacu pada situasi masyarakat dimana pola pikir
dan perilakunya bersumber pada ilmu pengetahuan yang benar dan bisa
dipertanggungjawabkan.
• Kurikulum Pendidikan. Sebuah perangkat yang berisi target dan langkah yang harus
dilakukan oleh individu atau lembaga untuk mendapatkan suatu keahlian atau kompetensi
tertentu dan berjalan melalui tahapan yang jelas.
• Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM). Merupakan sebuah skema atau aturan yang
berisi langkah-langkah konkret dalam evaluasi dan pengembangan pada potensi sumber
daya manusia yang ada sehingga bisa menghasilkan manusia yang berkualitas.
• Manajemen Guru. Aturan dan kerangka kerja yang harus diikuti secara teratur oleh guru
melalui berbagai aktivitas yang mendukung pekerjaannya.
• Mobile learning. Penggunaan perangkat HP atau lainnya yang bisa dialihfungsikan menjadi
media pembelajaran.
Pendidikan Untuk Generasi Z 133