Page 143 - Pendidikan Untuk Generasi Z : Refleksi dan Inspirasi Penerapan TIK untuk Pendidikan
P. 143

tersebut memenuhi kriteria fit dengan P-value > 0.05 dan RMSEA < 0.05. Instrumen terdiri dari
























                                                                                                                                                     15 item dengan reliabilitas skala mencapai lebih dari 0.8 dan daya beda keseluruhan di atas 0.5.

























                                                                                                                                                                                                            Untuk mendapatkan efikasi diri yang optimal, maka guru sains bisa diidentifikasi dengan

























                                                                                                                                                     melihat aspek-aspek yang muncul dalam kinerja mereka sesuai dengan ke-4 aspek yang ada
























                                                                                                                                                     dalam instrumen STEBI. Aspek pertama, Kemampuan pedagogis yang positif berkaitan dengan

























                                                                                                                                                     bagaimana kemampuan profesional guru dalam menyiapkan materi, menyampaikannya kepada
























                                                                                                                                                     siswa, dan menciptakan iklim pembelajaran yang menarik bagi siswa sehingga mereka bisa

























                                                                                                                                                     belajar dengan optimal. Aspek kedua, bertahan dalam menghadapi perubahan dan tantangan
























                                                                                                                                                     mendeskripsikan adalah kemampuan guru sains dalam menyelesaikan permasalahan yang ada

























                                                                                                                                                     menjadi  sesuatu  yang  baik  bagi  pengalaman  mereka.  Aspek  ketiga,  persepsi  guru  tentang

























                                                                                                                                                     pengajaran  yang  ideal  berfokus  pada  nilai-nilai  dasar  yang  dimiliki  dan  diterapkan  dalam
























                                                                                                                                                     pekerjaan mereka. Aspek keempat, entuasiasme mengarah kepada keseriusan dan ketertarikan

























                                                                                                                                                     guru untuk aktif dan terlibat dalam semua proses yang dihadapi dalam pembelajaran.



















































                                                                                                                4. Kata Kunci


























                                                                                                                                                          • Asesmen Profesional Lanjutan (APL). Bentuk evaluasi yang ditujukkan untuk guru dimana
























                                                                                                                                                                                              kegiatannya dilakukan dengan mengidentifikasi apakah seorang guru dinyatakan layak

























                                                                                                                                                                                              atau tidak menjadi seorang professional.

























                                                                                                                                                          • Education  for  All.  Sebuah  konsep  pendidikan  yang  dikembangkan  untuk  memberikan
























                                                                                                                                                                                              kesempatan pada semua orang dalam memperoleh pendidikan tanpa terkecuali. Konsep

























                                                                                                                                                                                              tersebut dipakai oleh banyak negara di dunia sehingga dalam menetapkan kebijakan terkait

























                                                                                                                                                                                              pendidikan, setiap orang dari berbagai suku, agama, latar belakang budaya dan daerah
























                                                                                                                                                                                              bisa mengakses pendidikan sesuai dengan materi yang ingin dipelajarinya.

























                                                                                                                                                          • Good  Government.  Istilah  ini  berawal  dari  asumsi  politis  tentang  cara  menciptakan

























                                                                                                                                                                                              pemerintahan yang baik yaitu yang didasarkan pada kebermanfaatan bagi masyarakatnya.
























                                                                                                                                                                                              Lalu, secara bertahap masuk dalam berbagai aspek hingga digunakan dalam menentukan

























                                                                                                                                                                                              kriteria pemerintahan yang bersih, terbuka dan adil.



























































                                                        132                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                               Pendidikan Untuk Generasi Z
   138   139   140   141   142   143   144   145   146   147   148