Page 138 - Pendidikan Untuk Generasi Z : Refleksi dan Inspirasi Penerapan TIK untuk Pendidikan
P. 138

mengacu kepada penggunaan sumber daya yang bukan hanya terbatas pada komputer dan
























                                                                                                                                                                                internet  saja,  melainkan  segala  jenis  media  informasi  dan  komunikasi  lain  yang  lebih

























                                                                                                                                                                                bervariasi seperti adanya radio, audio dan video. Untuk mengoptimalkan integrasi TIK dalam

























                                                                                                                                                                                pembelajaran, maka baik itu sekolah, guru ataupun siswa harus mampu memahami sembilan
























                                                                                                                                                                                prinsip  integrasi  TIK  diantaranya  adalah  (1)  aktif,  (2)  konstruktif,  (3)  kolaboratif,  (4)

























                                                                                                                                                                                antusiastik, (5) dialogis, (6) kontekstual, (7) reflektif, (8) multisensori, serta (9) high order
























                                                                                                                                                                                thinking (HOT) skills training.

























                                                                                                                                                                                                                                         Mendalami pengetahuan melalui TIK. Proses integrasi berikutnya adalah mendalami
























                                                                                                                                                                                setiap  seluk  beluk  yang  ada  dalam  TIK.  Proses  pendalaman  itu  bisa  dilakukan  melalui

























                                                                                                                                                                                berbagai cara tergantung bagaimana sumber daya yang dimiliki guru di sekolah, juga tingkat

























                                                                                                                                                                                kreativitas  secara  personal.  Namun  secara  praktis,  guru  bisa  menjadikan  TIK  lebih
























                                                                                                                                                                                bermakna ketika memahami pengelompokkan TIK dalam pendidikan yang berfokus pada

























                                                                                                                                                                                empat hal, yaitu TIK sebagai gudang ilmu pengetahuan, TIK sebagai alat bantu pembelajaran,

























                                                                                                                                                                                TIK sebagai fasilitas pembelajaran, dan TIK sebagai infrastruktur pembelajaran.
























                                                                                                                                                                                                                                         Pengelompokkan  TIK dalam  pembelajaran  seyogyanya  dipahami  sebagai  suatu

























                                                                                                                                                                                proses penting sebelum mendalami lebih jauh apa yang harus dilakukan. TIK sebagai gudang

























                                                                                                                                                                                ilmu  pengetahuan  dimanfaatkan  sebagai  referensi  ilmu  yang  bersifat  update,  berisi
























                                                                                                                                                                                informasi yang komprehensif serta bisa dimanfaatkan sebagai alat banding kurikulum. TIK

























                                                                                                                                                                                sebagai alat bantu pembelajaran bisa dimanfaatkan dalam kegiatan sehari-hari di sekolah
























                                                                                                                                                                                dalam mmembuat evaluasi dan bahan ajar, bisa dijadikan media komunikasi dengan siswa

























                                                                                                                                                                                melalui  game  dan  dinamika  kelompok,  juga  bisa  dijadikan  media  feedback.  TIK  sebagai
























                                                                                                                                                                                fasilitas pembelajaran dapat dimanfaatkan sebagai perpustakaan elektronik, kelas virtual,

























                                                                                                                                                                                kelas jarak jauh, dan pojok internet. TIK sebagai infrastruktur pembelajaran berisi dukungan

























                                                                                                                                                                                teknis dan aplikati dalam pembelajaran.
























                                                                                                                                                                                                                                         Mengkreasi pengetahuan dengan TIK. Dengan segala kelebihan yang bisa diakses oleh

























                                                                                                                                                                                guru,  harapannya  mereka  dapat  melakukan  banyak  hal  dari  penggunaan  TIK,  seperti

























                                                                                                                                                                                merancang  dan  mengembangkan  pembelajaran  yang  berbasis  TIK,  membimbing  siswa

































































                                                                                                                        Pendidikan Untuk Generasi Z                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                           127
   133   134   135   136   137   138   139   140   141   142   143