Page 138 - Pendidikan Untuk Generasi Z : Refleksi dan Inspirasi Penerapan TIK untuk Pendidikan
P. 138
mengacu kepada penggunaan sumber daya yang bukan hanya terbatas pada komputer dan
internet saja, melainkan segala jenis media informasi dan komunikasi lain yang lebih
bervariasi seperti adanya radio, audio dan video. Untuk mengoptimalkan integrasi TIK dalam
pembelajaran, maka baik itu sekolah, guru ataupun siswa harus mampu memahami sembilan
prinsip integrasi TIK diantaranya adalah (1) aktif, (2) konstruktif, (3) kolaboratif, (4)
antusiastik, (5) dialogis, (6) kontekstual, (7) reflektif, (8) multisensori, serta (9) high order
thinking (HOT) skills training.
Mendalami pengetahuan melalui TIK. Proses integrasi berikutnya adalah mendalami
setiap seluk beluk yang ada dalam TIK. Proses pendalaman itu bisa dilakukan melalui
berbagai cara tergantung bagaimana sumber daya yang dimiliki guru di sekolah, juga tingkat
kreativitas secara personal. Namun secara praktis, guru bisa menjadikan TIK lebih
bermakna ketika memahami pengelompokkan TIK dalam pendidikan yang berfokus pada
empat hal, yaitu TIK sebagai gudang ilmu pengetahuan, TIK sebagai alat bantu pembelajaran,
TIK sebagai fasilitas pembelajaran, dan TIK sebagai infrastruktur pembelajaran.
Pengelompokkan TIK dalam pembelajaran seyogyanya dipahami sebagai suatu
proses penting sebelum mendalami lebih jauh apa yang harus dilakukan. TIK sebagai gudang
ilmu pengetahuan dimanfaatkan sebagai referensi ilmu yang bersifat update, berisi
informasi yang komprehensif serta bisa dimanfaatkan sebagai alat banding kurikulum. TIK
sebagai alat bantu pembelajaran bisa dimanfaatkan dalam kegiatan sehari-hari di sekolah
dalam mmembuat evaluasi dan bahan ajar, bisa dijadikan media komunikasi dengan siswa
melalui game dan dinamika kelompok, juga bisa dijadikan media feedback. TIK sebagai
fasilitas pembelajaran dapat dimanfaatkan sebagai perpustakaan elektronik, kelas virtual,
kelas jarak jauh, dan pojok internet. TIK sebagai infrastruktur pembelajaran berisi dukungan
teknis dan aplikati dalam pembelajaran.
Mengkreasi pengetahuan dengan TIK. Dengan segala kelebihan yang bisa diakses oleh
guru, harapannya mereka dapat melakukan banyak hal dari penggunaan TIK, seperti
merancang dan mengembangkan pembelajaran yang berbasis TIK, membimbing siswa
Pendidikan Untuk Generasi Z 127