Page 136 - Pendidikan Untuk Generasi Z : Refleksi dan Inspirasi Penerapan TIK untuk Pendidikan
P. 136

kepentingan.  Kepentingan  pertama  adalah  untuk  menyelesaikan  proses  administrasi  di
























                                                                                                                                                                                sekolah  sedangkan  kepentingan  yang  kedua  adalah  untuk  membantu  dalam  proses

























                                                                                                                                                                                pembelajaran.  Dalam  mengerjakan  tugas  dan  tanggungjawab  mereka  di  sekolah,

























                                                                                                                                                                                penggunaan TIK digunakan hampir di semua aspek pembelajaran. Harapannya adalah untuk
























                                                                                                                                                                                mendapatkan  hasil  yang  lebih  cepat,  hasil  yang  lebih  bagus  dan  hasil  yang  lebih

























                                                                                                                                                                                komprehensif.



















































                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                             Seberapa Pentingkah Kompetensi TIK bagi Guru?




















































                                                                                                                                                                                                                                         Kompetensi  TIK  berkaitan  langsung  dengan  bagaimana  guru  sebagai  generasi  Z
























                                                                                                                                                                                memanfaatkan fasilitas dan segala kemudahan dari TIK untuk menunjang berbagai tugas dan

























                                                                                                                                                                                kepentingan  mereka.  Optimalisasi  penggunaan  TIK  dalam  pembelajaran  diprediksi  akan
























                                                                                                                                                                                meningkatkan kualitas sumber daya manusia guru yang lebih kompetitif. Hal inilah yang

























                                                                                                                                                                                kemudian  diharapkan  dapat  membentuk  masyarakat  yang  berpengetahuan  (knowledge-

























                                                                                                                                                                                based society). Konsep tersebut didasarkan pada asumsi bahwa untuk menjadi suatu bangsa
























                                                                                                                                                                                yang tangguh, maka diperlukan kesiapan dan keadaan masyarakat yang berperilaku sesuai

























                                                                                                                                                                                norma  yang  beradab,  berperilaku  untuk  kepentingan  bersama  dan  berperilaku  yang
























                                                                                                                                                                                didorong atas dasar nilai kebenaran. Selain kompetensi TIK, beberapa kecakapan lainnya

























                                                                                                                                                                                juga diperlukan untuk menunjang masyarakat yang tangguh.
























                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                               ICT &






















                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                             Litera
















                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                              cy























                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                               Collaborati                                                                                                                                                                                                                                                                                  Critical
















                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                         ve                                                                                                                                                                                                                                         Thinking











                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                           Society









































                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                  Effective






                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                              Problem














                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                        Communic






                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                     Solving








                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                   ation



































                                                                                                                                                                                                                                                                                                                Gambar 32. Karakteristik Masyarakat Tangguh dan Berpengetahuan
































                                                                                                                        Pendidikan Untuk Generasi Z                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                           125
   131   132   133   134   135   136   137   138   139   140   141