Page 140 - Pendidikan Untuk Generasi Z : Refleksi dan Inspirasi Penerapan TIK untuk Pendidikan
P. 140
Bentuk-bentuk kegiatan yang muncul dari kelompok kerja guru itu sendiri sangat
bervariasi. Diantaranya adalah berbagai pendapat terkait misi yang diemban, merefleksikan
melalui praktek-praktek kerja, berpartisipasi dalam berbagai kegiatan pembinaan,
memberikan feedback satu sama lain yang membangun dan menjaga pembelajaran siswa
tetap fokus pada tujuan yang dicapai.
Integrasi Mobile Phone dalam Kelompok Kerja Guru.
Menjadi seorang guru tentunya menuntut kita untuk mengoptimalkan situasi yang
dimiliki, termasuk dalam penggunaan mobile phone. Konsep mobile phone bagi guru telah
berpindah fungsi menjadi mobile learning (Adning & Warshina, 2019). Ini artinya yang tadinya
mobile phone difungsikan sebagai alat komunikasi dan hiburan saja, berubaha menjadi media
pembelajaran yang efektif buat mereka. Berbagai kegiatan yang bisa dilakukan dengan
mobile phone sehingga menjadi mobile learning diantaranya adalah melaksanakan diskusi
profesional yang bisa dilakukan di grup whatsApp, bertukar pikiran dan berbagai slide
materi yang bisa diperoleh di menu-menu mobile phone, melakukan review materi atau
karya yang bisa dilakukan secara online, bahkan mobile phone mempermudah guru untuk
mengadakan pembelajaran dengan sangat fleksibel.
Gambar 33. Mobile Learning (Sumber. Southafricatoday.net)
Pendidikan Untuk Generasi Z 129