Page 140 - Pendidikan Untuk Generasi Z : Refleksi dan Inspirasi Penerapan TIK untuk Pendidikan
P. 140

Bentuk-bentuk kegiatan yang muncul dari kelompok kerja guru itu sendiri sangat
























                                                                                                                                                                                bervariasi. Diantaranya adalah berbagai pendapat terkait misi yang diemban, merefleksikan

























                                                                                                                                                                                melalui  praktek-praktek  kerja,  berpartisipasi  dalam  berbagai  kegiatan  pembinaan,

























                                                                                                                                                                                memberikan feedback satu sama lain yang membangun dan menjaga pembelajaran siswa
























                                                                                                                                                                                tetap fokus pada tujuan yang dicapai.




















































                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                  Integrasi Mobile Phone dalam Kelompok Kerja Guru.



















































                                                                                                                                                                                                                                         Menjadi seorang guru tentunya menuntut kita untuk mengoptimalkan situasi yang

























                                                                                                                                                                                dimiliki, termasuk dalam penggunaan mobile phone. Konsep mobile phone bagi guru telah
























                                                                                                                                                                                berpindah fungsi menjadi mobile learning (Adning & Warshina, 2019). Ini artinya yang tadinya

























                                                                                                                                                                                mobile phone difungsikan sebagai alat komunikasi dan hiburan saja, berubaha menjadi media
























                                                                                                                                                                                pembelajaran yang  efektif  buat  mereka. Berbagai kegiatan  yang  bisa  dilakukan  dengan

























                                                                                                                                                                                mobile phone sehingga menjadi mobile learning diantaranya adalah melaksanakan diskusi

























                                                                                                                                                                                profesional yang  bisa  dilakukan  di  grup  whatsApp,  bertukar pikiran  dan  berbagai  slide
























                                                                                                                                                                                materi yang bisa diperoleh di menu-menu mobile phone, melakukan review materi atau

























                                                                                                                                                                                karya yang bisa dilakukan secara online, bahkan mobile phone mempermudah guru untuk
























                                                                                                                                                                                mengadakan pembelajaran dengan sangat fleksibel.






















































































































































































































































                                                                                                                                                                                                                                                                                                      Gambar 33. Mobile Learning (Sumber. Southafricatoday.net)

























































                                                                                                                        Pendidikan Untuk Generasi Z                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                           129
   135   136   137   138   139   140   141   142   143   144   145