Page 137 - Pendidikan Untuk Generasi Z : Refleksi dan Inspirasi Penerapan TIK untuk Pendidikan
P. 137

Penguasaan  TIK  yang  mumpuni  akan  membawa  guru  pada  kondisi  yang
























                                                                                                                 menguntungkan  dimana  mereka  lebih  mudah  dan  siap  untuk  melakukan  pembelajaran.

























                                                                                                                 Bersamaan dengan karakteristik yang lainnya, guru diharapkan mampu mengelaborasikan

























                                                                                                                 setiap kompetensi yang dimaksud untuk mendapatkan optimalisasi dari profesi mereka saat
























                                                                                                                 ini. Harapannya tersebut nampaknya bisa berjalan dengan baik, jika pada prakteknya mereka

























                                                                                                                 didukung oleh berbagai pelatihan kompetensi dan kegiatan yang menunjang penguasaan
























                                                                                                                 karakter  menuju  masyarakat  yang  tangguh  tersebut.  Semua  pihak  secara  bersama

























                                                                                                                 memberikan dukungan untuk menciptakan iklim akademik yang baik, dimana akan muncul
























                                                                                                                 banyaknya guru yang kompeten dalam semua aspek.

























                                                                                                                                                                          Penguasaan media TIK oleh guru juga akan mendorong optimaliasi dari visi misi yang

























                                                                                                                 telah  ditentukan  oleh  pemerintah.  Dengan  kompetensi  tersebut,  transformasi  sistem
























                                                                                                                 pendidikan berbasis inovasi akan mudah dicapai melalui sumber daya manusia yang siap

























                                                                                                                 dan kuat dalam persaingan global. Dalam ranah global sendiri, peran TIK mampu mendorong

























                                                                                                                 tercapainya Education for All (EFA) dimana konsep ini berfokus pada pemahaman bahwa
























                                                                                                                 pendidikan bisa didapatkan oleh siapa saja dan kapan saja tanpa terkecuali. Salah satunya

























                                                                                                                 aplikasinya  yaitu  dalam  menyebarluaskan  pengetahuan  dan  pembelajaran  efektif  serta

























                                                                                                                 dalam menyediakan pendidikan yang lebih efisien.



















































                                                                                                                                                                          Aspek-aspek Kompetensi TIK bagi Guru.

























                                                                                                                                                                          Warsihna (2012) menjelaskan bahwa dalam rangkat untuk meningkatkan kompetensi
























                                                                                                                 guru terkait TIK, maka ada beberapa aspek yang harus diperhatikan dan menjadi perhatian

























                                                                                                                 besar  dalam  mempelajari  hal  itu,  diantaranya  adalah  menguasai  dasar-dasar  TIK  (ICT

























                                                                                                                 literacy),  mendalami  pengetahuan  (akuisisi  dan  rekayasa)  melalui  TIK,  mempunyai
























                                                                                                                 kemampuan  untuk mengkreasi pengetahuan  dengan  TIK,  serta  berbagi  ilmu dengan  TIK

























                                                                                                                 diantara guru dan siswa.
























                                                                                                                                                                          Menguasai dasar-dasar TIK.  Pembelajaran yang mengkombinasikan TIK adalah suatu

























                                                                                                                 pmebelajaran  yang  didalamnya  melibatkan  proses  pendayagunaan.  Pendayagunaan




























































                                                    126                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                         Pendidikan Untuk Generasi Z
   132   133   134   135   136   137   138   139   140   141   142