Page 131 - Pendidikan Untuk Generasi Z : Refleksi dan Inspirasi Penerapan TIK untuk Pendidikan
P. 131

Untuk mendapatkan sosok guru yang ideal, tentunya dibutuhkan proses dan mekanisme
























                                                                                                          yang terstruktur. Hal tersebut bisa dilakukan dengan mulai menetapkan standarisasi yang tepat

























                                                                                                          terkait keahlian dan implementasi keilmuan yang mereka miliki. Tuntutan yang diberikan kepada

























                                                                                                          guru harus sejalan dengan keistimewaan yang akan mereka dapatkan sehingga nanti dalam
























                                                                                                          prakteknya  dimungkinkan  mereka  untuk  bekerja  secara  optimal.  Guru  yang  ideal  tentunya

























                                                                                                          adalah harapan kita semua. Kondisi itu tidak mungkin dicapai dengan mudah kalau tidak didukung
























                                                                                                          oleh kebijakan dan kurikulum yang sesuai sehingga dalam hal ini dibutuhkan kerjasama dari

























                                                                                                          berbagai pihak.
























                                                                                                                                                                 Secara umum, guru hadir di kelas dengan berbagai atribut yang dibawanya meliputi

























                                                                                                          kepribadian, kemampuan pedagogis, profesionalitas dan interpersonal. Pertama, sosok guru

























                                                                                                          yang ideal adalah mereka yang mampu mengidentifikasi dan memahami situasi yang terjadi
























                                                                                                          pada  anak  didiknya.  Dengan  hal  itu  diharapkan  mereka  mampu  memberikan  respon

























                                                                                                          pembelajaran yang tepat sesuai dengan kelebihan dan kekurangan si anak. Kedua, disamping

























                                                                                                          guru harus mampu melihat bakan pada anak, mereka dituntut untuk mampu menyampaikan hal
























                                                                                                          apapun  kepada  anak  dengan  baik.  Indikator  keberhasilannya  adalah  ketika  si  anak  mampu

























                                                                                                          memahami  dengan  mudah suatu materi  bahkan  dengan  level tersulit  dalam materi itu. Ini

























                                                                                                          menjadi tantangan lain bagi guru karena tidak semua guru mampu memahami informasi dan
























                                                                                                          menyampaikannnya dengan jelas pada anak. Terakhir, untuk melihat apakah pembelajaran itu

























                                                                                                          efektif atau tidak, maka guru harus lah mempunyai kemampuan di dalam melakukan penilaian
























                                                                                                          dan memberikan feedback terhadap pengembangan kualitas anak didik mereka. Tidak hanya itu,

























                                                                                                          guru juga dituntut untuk memberikan saran dan evaluasi juga terkait kurikulum pendidikan yang
























                                                                                                          mereka ajarkan.

























                                                                                                                                                                 Melihat begitu banyaknya pekerjaan dan tugas yang harus diselesaikan oleh seorang

























                                                                                                          guru, maka menjadi penting ketika kita harus memastikan bahwa apa yang mereka terima dan
























                                                                                                          rasakan tersebut sebanding dengan apa yang sudah mereka lakukan. Berbagai fasilitas dan

























                                                                                                          keistimewaan yang saat ini diperoleh guru baik secara finansial ataupun reward lainnya pun

























                                                                                                          seharusnya bisa terus dikembangkan sehingga hal itu tidak akan menggangu stabilitas profesi




























































                                                      120                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                         Pendidikan Untuk Generasi Z
   126   127   128   129   130   131   132   133   134   135   136