Page 130 - Pendidikan Untuk Generasi Z : Refleksi dan Inspirasi Penerapan TIK untuk Pendidikan
P. 130

yang bisa menyelelaraskan faktor-faktor internal yang dimiliki pada tempat dan tujuan yang
























                                                                                                                                                     benar. Ini artinya mereka yang baik akan ditempatkan pada situasi yang baik. Dalam pendidikan

























                                                                                                                                                     sendiri, sumber daya manusia dikelompokkan menjadi berbagai aspek. Diantaranya adalah guru,

























                                                                                                                                                     peserta  didik,  pihak  sekolah,  stakeholder,  masyarakat  dan  pemerintah.  Masing-masing
























                                                                                                                                                     mempunyai  peran  dan  tugas  yang  berbeda  namun  fokusnya  tetap  pada  optimalisasi

























                                                                                                                                                     pembelajaran dan kualitas pendidikan.
























                                                                                                                                                                                                            Bab ini secara spefisik berfokus pada Guru sebagai salah satu sumber daya manusia

























                                                                                                                                                     dalam  pendidikan.  Istilah  guru  bisa  diartikan  beragam  dalam  setiap  konteks,  tergantung
























                                                                                                                                                     bagaimana orang memahami guru sebagai profesi, hiburan atau bahkan pengabdian. Dalam

























                                                                                                                                                     konsep yang sederhana, guru bisa diibaratkan adalah seseorang yang mempunyai informasi

























                                                                                                                                                     terkait suatu hal, lalu mereka mampu menyampaikan informasi tersebut kepada orang lain yang
























                                                                                                                                                     membutuhkannya. Secara lebih lanjut, mereka tidak hanya menyampaikan informasi semata,

























                                                                                                                                                     melainkan juga mengajarkan dan mengembangkan informasi itu menjadi pengetahuan bahkan

























                                                                                                                                                     manfaat bagi orang yang dibantunya tersebut. Sementara itu, pada konteks yang lebih kompleks,
























                                                                                                                                                     istilah guru dikenal dengan mereka yang secara personal mempunyai kualifikasi yang sesuai

























                                                                                                                                                     dengan  apa  yang  disampaikan,  mereka  mempunyai  kemampuan  pedagogis  yang  baik  dan

























                                                                                                                                                     tentunya  memiliki  kemampuan  interpersonal  dan  komunikasi  aktif  yang  dirancang  untuk
























                                                                                                                                                     memenuhi tuntutan kurikulum yang ada.









































                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                    Transfer



















                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                       Knowledge



































                                                                                                                                                                                                                                                                                                           Character                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                         Assessment &



















                                                                                                                                                                                                                                                                                     Understanding                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                          Evaluation




































                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                          Guru










































                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                           Ideal























































                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                  Gambar 31. Peran dan Kedudukan Guru dalam Pembelajaran












































                                                                                                                        Pendidikan Untuk Generasi Z                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                           119
   125   126   127   128   129   130   131   132   133   134   135