Page 130 - Pendidikan Untuk Generasi Z : Refleksi dan Inspirasi Penerapan TIK untuk Pendidikan
P. 130
yang bisa menyelelaraskan faktor-faktor internal yang dimiliki pada tempat dan tujuan yang
benar. Ini artinya mereka yang baik akan ditempatkan pada situasi yang baik. Dalam pendidikan
sendiri, sumber daya manusia dikelompokkan menjadi berbagai aspek. Diantaranya adalah guru,
peserta didik, pihak sekolah, stakeholder, masyarakat dan pemerintah. Masing-masing
mempunyai peran dan tugas yang berbeda namun fokusnya tetap pada optimalisasi
pembelajaran dan kualitas pendidikan.
Bab ini secara spefisik berfokus pada Guru sebagai salah satu sumber daya manusia
dalam pendidikan. Istilah guru bisa diartikan beragam dalam setiap konteks, tergantung
bagaimana orang memahami guru sebagai profesi, hiburan atau bahkan pengabdian. Dalam
konsep yang sederhana, guru bisa diibaratkan adalah seseorang yang mempunyai informasi
terkait suatu hal, lalu mereka mampu menyampaikan informasi tersebut kepada orang lain yang
membutuhkannya. Secara lebih lanjut, mereka tidak hanya menyampaikan informasi semata,
melainkan juga mengajarkan dan mengembangkan informasi itu menjadi pengetahuan bahkan
manfaat bagi orang yang dibantunya tersebut. Sementara itu, pada konteks yang lebih kompleks,
istilah guru dikenal dengan mereka yang secara personal mempunyai kualifikasi yang sesuai
dengan apa yang disampaikan, mereka mempunyai kemampuan pedagogis yang baik dan
tentunya memiliki kemampuan interpersonal dan komunikasi aktif yang dirancang untuk
memenuhi tuntutan kurikulum yang ada.
Transfer
Knowledge
Character Assessment &
Understanding Evaluation
Guru
Ideal
Gambar 31. Peran dan Kedudukan Guru dalam Pembelajaran
Pendidikan Untuk Generasi Z 119