Page 129 - Pendidikan Untuk Generasi Z : Refleksi dan Inspirasi Penerapan TIK untuk Pendidikan
P. 129

Manajemen sumber daya guru adalah kegiatan yang penting untuk mendapatkan guru-
























                                                                                                                                                     guru yang berkualitas. Manajemen terhadap guru ditujukkan untuk membentuk pribadi dan

























                                                                                                                                                     kemampuan profesional mereka dalam menjalankan proses pembelajaran. Kegiatan tersebut

























                                                                                                                                                     bisa dilakukan melalui berbagai aktivitas, diantaranya adalah (1) mengidentifikasi kebutuhan dan
























                                                                                                                                                     orientasi tujuan mereka secara personal; (2) menyediakan kerangka kerja yang tepat sebagai

























                                                                                                                                                     panduan mereka untuk menyelenggarakan pembelajaran; serta (3) melakukan asesmen dan
























                                                                                                                                                     evaluasi  yang  bertahap.  Aktivitas-aktivitas  manajemen  guru  tersebut  diharapkan  mampu

























                                                                                                                                                     membentuk pribadi guru yang bisa mendukung kurikulum pendidikan yang ada.
























                                                                                                                                                                                                            Pada bab ini, penulis memberikan sebuah deskripsi yang lebih spesifik karena diambil

























                                                                                                                                                     berdasarkan  kasus  dan  fenomena  yang  terjadi  di  lapangan.  Bab  ini  membahas  bagaimana

























                                                                                                                                                     sumber daya manusia (guru) berperan penting dalam pendidikan, mekanisme optimalisasi yang
























                                                                                                                                                     bisa  dilakukan  kepada  guru,  serta  penjelasan  terkait  fakta-fakta  yang  terjadi  di  lapangan

























                                                                                                                                                     tentang perkembangan sumber daya guru saat ini. Bab ini juga menyajikan beberapa alat ukur

























                                                                                                                                                     yang  valid  dan  reliabel  sehingga  bisa  dijadikan  sebagai  instrumen  untuk  mengidentifikasi
























                                                                                                                                                     kualitas guru di sekolah.




















































                                                                                                         2.                                         Pentingnya Sumber Daya Manusia dalam Pendidikan
























                                                                                                                                                                                                            Sumber  daya  manusia  mengacu  kepada  individu  atau  sekelompok  individu  yang

























                                                                                                                                                     mempunyai  potensi,  kemampuan  dan  karakteristik  yang  dianggap  bisa  membawa  suatu

























                                                                                                                                                     organisasi pada suatu tujuan yang ditetapkan. Konsep sumber daya manusia banyak dijelaskan
























                                                                                                                                                     oleh berbagai disiplin ilmu yang terkait. Banyak perspektif yang mencoba mengidentikasi seperti

























                                                                                                                                                     apa bentuk sumber daya manusia yang sempurna, namun masing-masing perspektif tersebut

























                                                                                                                                                     mempunyai kesamaan yaitu mengarah pada optimalisasi manusia sebagai mahluk yang mulia,
























                                                                                                                                                     dimana konsep itu menjadikan manusia sebagai individu yang aktif dan siap berperan dalam

























                                                                                                                                                     menciptakan keharmonisan di lingkungannya.
























                                                                                                                                                                                                            Peran sumber daya manusia dalam berbagai aspek kehidupan senantiasa berkembang

























                                                                                                                                                     setiap waktunya. Dalam pendidikan sendiri, sumber daya manusia yang optimal adalah mereka




























































                                                    118                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                           Pendidikan Untuk Generasi Z
   124   125   126   127   128   129   130   131   132   133   134