Page 149 - Pendidikan Untuk Generasi Z : Refleksi dan Inspirasi Penerapan TIK untuk Pendidikan
P. 149

Salah satu hal penting dalam penggunaan TIK adalah menciptakan individu yang memiliki kemampuan
























                                                                                                 literasi digital yang baik. Berdasarkan hasil survei yang dilakukan oleh Kominfo menyajikan fakta

























                                                                                                 bahwa  ternyata  indeks  literasi  digital  Indonesia  masih  masuk  dalam  kategori  sedang.  Hal  ini

























                                                                                                 mengasumsikan tentang pentingnya pemberdayaan sejak dini tentang kemampuan tersebut. Adapun
























                                                                                                 dikutip dari artikel  tersebut,  bahwa  terdapat  lima  dimensi  yang  harus dimiliki  untuk  menunjang

























                                                                                                 kemamuan literasi digital ini yaitu meliputi mengakses, menganalisis, mengkreasi, merefleksi dan
























                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                 melakukan  aksi.  Kelima

























                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                   dimensi  itu  harus  dimiliki
























                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                   oleh                                                                   individu                                                                                         untuk

























                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                   mencapai                                                                                                               kemampuan

























                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                   literasi digital yang baik.


































                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                   Menurut  UNESCO  sendiri,

























                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                   perlu  adanya  integrasi










                                                                                                                                                                                                                                     Gambar 35. Anak-anak belajar dengan gadget













                                                                                                                                                                                                                                                                (sumber: www.theconversation.com)                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                  kurikum literasi digital yang
























                                                                                                 bisa digunakan dalam pembelajaran. Tentunya pemerintah sendiri melalui Permendikbud Nomor 37

























                                                                                                 Tahun  2018  sudah  mencanangkan  hal  tersebut  dengan  baik  terutama  dengan  munculnya  mata

























                                                                                                 pelajaran informatika. Lalu celah-celah apa saja yang ditemukan di lapangan saat ini. (1) literasi media
























                                                                                                 digital tidak dioptimalkan sejak sekolah dasar padahal masa tersebut anak sedang aktifnya untuk

























                                                                                                 mengeksplorasi diri dan lingkungan mereka, (2) materi literasi digital porsinya masih sangat kurang
























                                                                                                 dalam kurikulum di sekolah sehingga memungkinkan anak tidak mendapatkan banyak informasi yang

























                                                                                                 komprehensif terkait itu, (3) di jenjang berikutnya terutama menegah atas anak-anak hanya dibatasi
























                                                                                                 sampai refelksi dan analisis, tidak sampai pada kreasi dan aksi sehingga ini menjadi tugas yang berat

























                                                                                                 untuk menciptakan kurikulum tersebut. Hakikatnya perkembangan TIK yang fleksibel bisa digunakan

























                                                                                                 dalam semua konteks kehidupan sehingga manfaatnya bisa dirasakan lebih besar oleh masyarakat.
























                                                                                                 Pada  Bab  ini  penulis  menyajikan  sebuah  contoh  lain  dari  penerapan  TIK  dalam  berbagai  aspek



























                                                                                                 kehidupan  masyarakat.  Sumber:  https://theconversation.com/masih-ada-banyak-celah-dalam-pengajaran-






















                                                                                                 literasi-media-digital-di-level-sekolah-150960  (Diakses 11 Februari 2021, Pukul 16:10 WIB)



















































                                                        138                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                     Pendidikan Untuk Generasi Z
   144   145   146   147   148   149   150   151   152   153   154