Page 153 - Pendidikan Untuk Generasi Z : Refleksi dan Inspirasi Penerapan TIK untuk Pendidikan
P. 153
(2017), setidaknya dibutuhkan beberapa langkah untuk mendapatkan kurikulum yang sesuai
dengan kelompok suku Baduy yaitu (1) menyesuaikan kebutuhan dengan potensi yang dimiliki, (2)
memberikan materi-materi yang berkaitan langsung dengan optimalisasi potensi tersebut, (3)
menentukan metode-metode yang sesuai untuk diterapkan pada masyarakat Baduy, serta (4)
melakukan evaluasi berkelanjutan untuk melihat apakah program yang diberikan efektif atau
tidak.
Gambar 37.
Bentuk Rumah
Suku Baduy
(Sumber:
www.indonesia-
tourism.com)
Model
kurikulum
yang harus
dikembangkan
pada suku
Baduy harus berlandaskan pada aspek kekayaan dan kearifan lokal yang ada. Sehingga dengan
mempertimbangkan hal itu, harapannya bisa tercipta pemenuhan kebutuhan secara fisik dan
psikis. Perlu adanya penekanan pada elemen-elemen sederhana yang bisa dipelajari. Dengan
demikian, beberapa fokus pengembangan kurikulum juga berfokus pada peningkatan
pengetahuan, sikap dan kemampuan dalam mengolah apa yang ada secara optimal. Penggunaan
media teknologi seperti internet pun seharusnya bisa dimanfaatkan dengan baik oleh kelompok
mereka. Berikut ini merupakan detail kurikulum yang bisa dijadikan acuan tidak hanya pada suku
Baduy saja melainkan pada beberapa kelompok khas di wilayah lainnya.
a. Meningkatkan nilai positif yang dimiliki oleh warga setempat melalui pembiasaan secara
sederhana mengenai kualitas hidup sehat dan pemanfaatan potensi yang ada.
b. Memasukan unsur inovasi dan keunikan pada produk-produk yang bisa dikembangkan
kemudian memasarkannya dengan teknologi yang tersedia.
142 Pendidikan Untuk Generasi Z