Page 153 - Pendidikan Untuk Generasi Z : Refleksi dan Inspirasi Penerapan TIK untuk Pendidikan
P. 153

(2017), setidaknya dibutuhkan beberapa langkah untuk mendapatkan kurikulum yang sesuai
























                                                                                                                              dengan kelompok suku Baduy yaitu (1) menyesuaikan kebutuhan dengan potensi yang dimiliki, (2)

























                                                                                                                              memberikan materi-materi yang berkaitan langsung dengan optimalisasi potensi tersebut, (3)

























                                                                                                                              menentukan metode-metode yang sesuai untuk diterapkan pada masyarakat Baduy, serta (4)
























                                                                                                                              melakukan evaluasi berkelanjutan untuk melihat apakah program yang diberikan efektif atau

























                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                            tidak.
























                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                             Gambar 37.













                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                     Bentuk Rumah












                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                             Suku Baduy













                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                     (Sumber:













                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                www.indonesia-













                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                       tourism.com)








































                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                           Model
























                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                             kurikulum

























                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                            yang  harus

























                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                            dikembangkan
























                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                            pada                                                                    suku

























                                                                                                                              Baduy harus berlandaskan pada aspek kekayaan dan kearifan lokal yang ada. Sehingga dengan
























                                                                                                                              mempertimbangkan hal itu, harapannya bisa tercipta pemenuhan kebutuhan secara fisik dan

























                                                                                                                              psikis. Perlu adanya penekanan pada elemen-elemen sederhana yang bisa dipelajari. Dengan

























                                                                                                                              demikian,  beberapa  fokus  pengembangan  kurikulum  juga  berfokus  pada  peningkatan
























                                                                                                                              pengetahuan, sikap dan kemampuan dalam mengolah apa yang ada secara optimal. Penggunaan

























                                                                                                                              media teknologi seperti internet pun seharusnya bisa dimanfaatkan dengan baik oleh kelompok

























                                                                                                                              mereka. Berikut ini merupakan detail kurikulum yang bisa dijadikan acuan tidak hanya pada suku
























                                                                                                                              Baduy saja melainkan pada beberapa kelompok khas di wilayah lainnya.

























                                                                                                                        a. Meningkatkan nilai positif yang dimiliki oleh warga setempat melalui pembiasaan secara
























                                                                                                                                                            sederhana mengenai kualitas hidup sehat dan pemanfaatan potensi yang ada.

























                                                                                                                        b. Memasukan  unsur  inovasi  dan  keunikan  pada  produk-produk  yang  bisa  dikembangkan
























                                                                                                                                                            kemudian memasarkannya dengan teknologi yang tersedia.




















































                                                      142                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                     Pendidikan Untuk Generasi Z
   148   149   150   151   152   153   154   155   156   157   158