Page 150 - Pendidikan Untuk Generasi Z : Refleksi dan Inspirasi Penerapan TIK untuk Pendidikan
P. 150

1. Pendahuluan

























                                                                                                                                                                                                            Dari berita yang di Antara tersebut, memberikan gambaran kepada seluruh masyarakat,
























                                                                                                                                                    khususnya pemangku pendidikan bahwa pemanfaatan TIK untuk pendidikan bukan sekedar anak

























                                                                                                                                                    diberikan perangkat kemudian diminta akses dengan teknologi tersebut baik offline (luring)
























                                                                                                                                                    maupun online (daring).




















































                                                                                                                                                           “Pesatnya pertumbuhan penggunaan internet di Indonesia tidak diimbangi






























                                                                                                                                                                dengan kemampuan masyarakat dalam menilai dan mengecek kebenaran





























                                                                                                                                                                sumber informasi media melalui teknologi digital. Kemampuan ini dikenal






























                                                                                                                                                                                       sebagai literasi media digital. Tanpa literasi media digital, pengguna





























                                                                                                                                                                                                                                   internet Indonesia kewalahan dengan banjir berita palsu di





























                                                                                                                                                                                                                                                                         berbagai platform media sosial. Pandemi COVID-19






























                                                                                                                                                                                                        kemudian memperparah kondisi ini. Sebagian besar masyarakat





























                                                                                                                                                                                                                                                                  menggunakan media sosial untuk mencari informasi





























                                                                                                                                                                                 mengenai coronavirus, tanpa kemampuan memvalidasi mana sumber






























                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                  berita yang bisa dipercaya.”























































                                                                                                                                                                                                            Perlu kita sadari, perkembangan teknologi komunikasi dan infomasi sudah masuk dalam

























                                                                                                                                                    semua  ranah  pendidikan  saat  ini.  Termasuk  digunakan  dalam  pengembangan  model
























                                                                                                                                                    pembelajaran  dan  kurikulum  dalam  berbagai  konteks.  Dengan  berbagai  kemudahan  dan

























                                                                                                                                                    kecepatan yang dimilikinya, penggunaan TIK juga menjadi bagian penting dalam pengembangan

























                                                                                                                                                    model  pembelajaran  dan  kurikulum  di  beberapa  aspek  kehidupan.  Poin  pentingnya  adalah
























                                                                                                                                                    bagaimana perkembangan TIK itu bisa membantu individu untuk mendapatkan pengetahuan yang

























                                                                                                                                                    lebih baik walaupun di tengah keterbatasan yang dimiliki.
























                                                                                                                                                                                                            Bab  ini  akan  membahas  secara  spesifik  integrasi  TIK  dalam  pengembangan  model

























                                                                                                                                                    pembelajaran dan kurikulum yang dilakukan oleh beberapa peneliti di Indonesia. Penulis akan












































                                                                                                                        Pendidikan Untuk Generasi Z                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                           139
   145   146   147   148   149   150   151   152   153   154   155