Page 150 - Pendidikan Untuk Generasi Z : Refleksi dan Inspirasi Penerapan TIK untuk Pendidikan
P. 150
1. Pendahuluan
Dari berita yang di Antara tersebut, memberikan gambaran kepada seluruh masyarakat,
khususnya pemangku pendidikan bahwa pemanfaatan TIK untuk pendidikan bukan sekedar anak
diberikan perangkat kemudian diminta akses dengan teknologi tersebut baik offline (luring)
maupun online (daring).
“Pesatnya pertumbuhan penggunaan internet di Indonesia tidak diimbangi
dengan kemampuan masyarakat dalam menilai dan mengecek kebenaran
sumber informasi media melalui teknologi digital. Kemampuan ini dikenal
sebagai literasi media digital. Tanpa literasi media digital, pengguna
internet Indonesia kewalahan dengan banjir berita palsu di
berbagai platform media sosial. Pandemi COVID-19
kemudian memperparah kondisi ini. Sebagian besar masyarakat
menggunakan media sosial untuk mencari informasi
mengenai coronavirus, tanpa kemampuan memvalidasi mana sumber
berita yang bisa dipercaya.”
Perlu kita sadari, perkembangan teknologi komunikasi dan infomasi sudah masuk dalam
semua ranah pendidikan saat ini. Termasuk digunakan dalam pengembangan model
pembelajaran dan kurikulum dalam berbagai konteks. Dengan berbagai kemudahan dan
kecepatan yang dimilikinya, penggunaan TIK juga menjadi bagian penting dalam pengembangan
model pembelajaran dan kurikulum di beberapa aspek kehidupan. Poin pentingnya adalah
bagaimana perkembangan TIK itu bisa membantu individu untuk mendapatkan pengetahuan yang
lebih baik walaupun di tengah keterbatasan yang dimiliki.
Bab ini akan membahas secara spesifik integrasi TIK dalam pengembangan model
pembelajaran dan kurikulum yang dilakukan oleh beberapa peneliti di Indonesia. Penulis akan
Pendidikan Untuk Generasi Z 139