Page 155 - Pendidikan Untuk Generasi Z : Refleksi dan Inspirasi Penerapan TIK untuk Pendidikan
P. 155
diakibatkan kejadian yang mencekam sebelumnya mungkin akan menjadi penghambat
optimalisasi psikologis mereka yang terdampak. Sehingga pada tahap ini, pemerintah dan
masyarakat sekitar bergotong-royong untuk membangun kembali emosi yang positif dan
semangat hidup masyarakat sekitar. Berkaitan dengan pembelajaran, selanjutnya dilakukan
identifikasi terhadap fasilitas yang rusak dan materi yang dibutuhkan untuk mendapatkan
pembelajaran. Lalu, melakukan inventarisasi terhadap hal-hal yang tersisa dan masih bisa
digunakan dalam pembelajaran. Selanjutnya, peran teknologi dan internet berfungsi dalam
menjadi media alternatif yang bisa digunakan oleh mereka yang terdampak sehingga
pembalajaran bisa dilakukan secara fleksibel. Harapannya dengan penggunaan teknologi yang
baik pula, akan menghibur anak-anak dan memudahkan guru untuk melakukan proses
pembelajaran. Terakhir adalah melakukan optimalisasi secara bertahap dengan membangun
ruang diskusi melalui kegiatan kelompok yang berkelanjutan.
Secara teoretis, pembelajaran pasca bencana bisa berjalan optimal jika dilakukan
secara komprehensif dengan mempertimbangkan aspek-aspek yang dijelaskan sebelumnya.
Namun, beberapa hal mungkin bisa menjadi penghalang terciptanya pembelajaran tersebut,
seperti kurangnya kerjasama dari pemerintah setempat dan masyarakat sekitar untuk
membantu memulihkan kondisi fisik wilayah terdampak, tidak tersedia petunjuk dan kebijakan
yang sesuai pasca bencana sehingga banyak orang kehilangan arah dan berperilaku menjadi
tidak teratur, serta belum terbangunnya kondisi psikologis yang kuat dari sumber daya manusia
yang terkenda bencana. Untuk mendapatkan pembelajaran yang optimal, tentunya setiap
tahapan itu membutuhkan waktu yang tidaklah sebentar dalam prosesnya sehingga yang
terpenting adalah bagaimana pembelajaran itu bisa tetap berjalan walaupun dengan penuh
keterbatasan.
Desain pembelajaran pasca bencana dibuat untuk mendapatkan sistem yang tepat pasca
bencana. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk membuat desain pembelajarannya,
yaitu prinsip-prinsip pembelajaran pasca bencana, model pembelajaran pasca bencana dan
skenario pembelajaran pasca bencana.
144 Pendidikan Untuk Generasi Z