Page 157 - Pendidikan Untuk Generasi Z : Refleksi dan Inspirasi Penerapan TIK untuk Pendidikan
P. 157

didominasi  oleh  kegiatan  langsung,  interaksi  langsung,  kontrol  langsung,  dan  materi  yang
























                                                                                                                     disediakan secara langsung di kelas. Begitu pula guru terlibat secara langsung dengan anak.

























                                                                                                                     Kemudian, blended learning mengacu kepada kombinasi dari kegiatan yang dilakukan di kelas

























                                                                                                                     dengan sebagian lainnya menggunakan sistem online dalam kegiatannya. Sedangkan kegiatan
























                                                                                                                     fully  online,  adalah  mengacu  pada  pembelajaran  yang  semuanya  dilakukan  secara  online.

























                                                                                                                     Pembelajaran jarak jauh memang didominasi oleh aktivitas online, namun pada beberapa kasus
























                                                                                                                     bisa saja dilakukan dengan melibatkan aktivitas secara langsung.




















































                                                                                5. Kata Kunci

























                                                                                                                          • Blended Learning. Skema pembelajaran yang menggabungkan model pembelajaran daring
























                                                                                                                                                              dan luring. Perpaduan yang terjadi bisa melalui metode penyampaian materi yang dibuat

























                                                                                                                                                              bervariasi atau metode evaluasi tugas yang beragam.

























                                                                                                                          • Local Wisdom. Suatu nilai, sikap atau perilaku yang dimiliki oleh suatu daerah tertentu dan

























                                                                                                                                                              menjadi ciri khas daerah tersebut dibandingkan dengan daerah lainnya. Istilah ini biasa
























                                                                                                                                                              disebut sebagai kearifan lokal yang didalamnya melibatkan interaksi masyarakat dengan

























                                                                                                                                                              budaya dan potensi lingkungan yang mereka miliki.

























                                                                                                                          • Kualitas Hidup. Suatu situasi dimana menggambarkan kondisi fisik dan psikis seorang
























                                                                                                                                                              individu. Apakah situasi tersebut berada pada kondisi yang menyenangkan atau malah

























                                                                                                                                                              memprihatinkan.

























                                                                                                                          • Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).  Sebuah  skema  pembelajaran  dilakukan  dengan  tidak

























                                                                                                                                                              mengumpulkan  guru  dan  siswa  dalam  satu  tempat.  Interaksi  dan  berbagai  model
























                                                                                                                                                              pembelajarannya  dilaksanakan  secara  online  dengan  menggunakan  bantuan  media

























                                                                                                                                                              teknologi dan internet.

























                                                                                                                          • Pembelajaran Pasca Bencana. Skema pembelajaran yang dibuat untuk diterapkan pada
























                                                                                                                                                              wilayah  terdampak  bencana  dengan  tetap  mempertimbangkan  tercapainya  indikator-

























                                                                                                                                                              indikator pembelajaran. Sistem belajar dibuat sangat fleksibel dan prinsipnya yang penting

























                                                                                                                                                              memberikan pengajaran sekaligus hiburan bagi anak-anak terdampak bencana.































































                                                        146  Pendidikan Untuk Generasi Z
   152   153   154   155   156   157   158   159   160   161   162