Page 156 - Pendidikan Untuk Generasi Z : Refleksi dan Inspirasi Penerapan TIK untuk Pendidikan
P. 156
a. Prinsip pembelajaran. Belajar tanpa batas adalah hal penting ketika bencana terjadi. Dengan
kondisi apapun seharusnya belajar tetap harus dilakukan. Sensitif dengan apa yang ada di
sekitar dan melihat hal tersebut sebagai kesempatan berharga untuk berkembang.
Melakukan aktivitas yang menyenangkan untuk menumbuhkan atmosfir pembelajaran yang
baik.
b. Model pembelajaran. Didasarkan pada lingkungan sekitar dan kearifan lokal yang dimiliki
oleh wilayah terdampak pada setiap lokasinya. Memperkuat karakter dan panca indera yang
dimiliki. Membangun kerjasama dan kemandirian yang baik melalui kegiatan kelompok.
c. Skenario pembelajaran. Menikmati proses yang terjadi dengan mempertimbangkan kondisi
terbaru dari orang-orang terdampak. Menggunakan media teknologi yang efektif dalam
pembelajaran. Membangun sistem pembelajaran yang bervariasi supaya menciptakan
kreativitas.
4. Implementasi TIK dalam Kurikulum Pembelajaran Jarak Jauh
Pembelajaran jarak jauh (PJJ) adalah hal yang lumrah dalam perkembangan zaman saat
ini. Konsep tersebut mengacu kepada sistem pembelajaran yang diadakan di luar kelas, dimana
guru dan siswa tidak bertatap muka secara langsung dalam satu lokasi. Tugas-tugas atau
metode pembelajaran yang digunakan pun dibentuk dalam skema yang lebih terintegrasi dengan
menerapkan prinsip-prinsip teknologi pendidikan. Pembelajaran jarak jauh adalah model
pembelajaran yang memberikan kebebasan kepada siswa untuk mengeksplorasi pengetahuan
dan ilmu yang dipelajarinya, sehingga peran sebagai guru adalah memberikan petunjuk dan cara
yang tepat bagaimana menggunakan semua fitur yang disediakan.
Mengacu pada aktivitas pembelajaran yang mempunyai berbagai pendekatan, pembelajaran
jarak jauh bisa dilakukan dengan memvariasikan pendekatan pembelajaran. Seperti yang
dipahami bersama bahwa dalam melakukan pembelajaran bisa dilakukan melalui tiga metode,
yaitu konvensional, blended learning, dan fully online (Budiastra dkk., 2020). Pembelajaran
konvensional adalah fenomena yang biasa ditemukan di sekolah dimana aktivitas pembelajaran
Pendidikan Untuk Generasi Z 145