Page 156 - Pendidikan Untuk Generasi Z : Refleksi dan Inspirasi Penerapan TIK untuk Pendidikan
P. 156

a. Prinsip pembelajaran. Belajar tanpa batas adalah hal penting ketika bencana terjadi. Dengan
























                                                                                                                                                                                 kondisi apapun seharusnya belajar tetap harus dilakukan. Sensitif dengan apa yang ada di

























                                                                                                                                                                                 sekitar  dan  melihat  hal  tersebut  sebagai  kesempatan  berharga  untuk  berkembang.

























                                                                                                                                                                                 Melakukan aktivitas yang menyenangkan untuk menumbuhkan atmosfir pembelajaran yang
























                                                                                                                                                                                 baik.

























                                                                                                                                             b. Model pembelajaran. Didasarkan pada lingkungan sekitar dan kearifan lokal yang dimiliki
























                                                                                                                                                                                 oleh wilayah terdampak pada setiap lokasinya. Memperkuat karakter dan panca indera yang

























                                                                                                                                                                                 dimiliki. Membangun kerjasama dan kemandirian yang baik melalui kegiatan kelompok.
























                                                                                                                                             c. Skenario pembelajaran. Menikmati proses yang terjadi dengan mempertimbangkan kondisi

























                                                                                                                                                                                 terbaru dari orang-orang terdampak. Menggunakan media teknologi yang efektif dalam

























                                                                                                                                                                                 pembelajaran.  Membangun  sistem  pembelajaran  yang  bervariasi  supaya  menciptakan
























                                                                                                                                                                                 kreativitas.




















































                                                                                                                4. Implementasi TIK dalam Kurikulum Pembelajaran Jarak Jauh

























                                                                                                                                                                                                            Pembelajaran jarak jauh (PJJ) adalah hal yang lumrah dalam perkembangan zaman saat
























                                                                                                                                                     ini. Konsep tersebut mengacu kepada sistem pembelajaran yang diadakan di luar kelas, dimana

























                                                                                                                                                     guru dan siswa tidak bertatap muka secara langsung dalam satu  lokasi. Tugas-tugas atau
























                                                                                                                                                     metode pembelajaran yang digunakan pun dibentuk dalam skema yang lebih terintegrasi dengan

























                                                                                                                                                     menerapkan  prinsip-prinsip  teknologi  pendidikan.  Pembelajaran  jarak  jauh  adalah  model

























                                                                                                                                                     pembelajaran yang memberikan kebebasan kepada siswa untuk mengeksplorasi pengetahuan
























                                                                                                                                                     dan ilmu yang dipelajarinya, sehingga peran sebagai guru adalah memberikan petunjuk dan cara

























                                                                                                                                                     yang tepat bagaimana menggunakan semua fitur yang disediakan.

























                                                                                                                                                                           Mengacu pada aktivitas pembelajaran yang mempunyai berbagai pendekatan, pembelajaran
























                                                                                                                                                     jarak  jauh  bisa  dilakukan  dengan  memvariasikan  pendekatan  pembelajaran.  Seperti  yang

























                                                                                                                                                     dipahami bersama bahwa dalam melakukan pembelajaran bisa dilakukan melalui tiga metode,
























                                                                                                                                                     yaitu konvensional, blended learning, dan fully online (Budiastra dkk., 2020). Pembelajaran

























                                                                                                                                                     konvensional adalah fenomena yang biasa ditemukan di sekolah dimana aktivitas pembelajaran

































































                                                                                                                        Pendidikan Untuk Generasi Z                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                           145
   151   152   153   154   155   156   157   158   159   160   161