Page 154 - Pendidikan Untuk Generasi Z : Refleksi dan Inspirasi Penerapan TIK untuk Pendidikan
P. 154
3. Integrasi Model Pembelajaran TIK untuk Wilayah Terdampak Bencana Alam
Terjadinya suatu bencana mengakibatkan perubahan yang berarti dalam sistem dan
model pembelajaran daerah terdampak. Banyak fasilitas yang hancur dan tidak bisa digunakan
untuk melakukan proses pembelajaran. Hal inilah yang kemudian menjadi peluang kita untuk
menerapkan teknologi ke dalam model pembelajaran tersebut. Dengan segala keterbatasan
yang ada, sekolah tidak bisa menyelenggarakan pendidikan karena masih terbatasnya
infrastruktur yang terkena bencana dan ditutupnya wilayah bencana. Aktivitas yang biasanya
dilakukan sekolahpun menjadi dihentikan karena harus memulihkan terlebih dahulu kondisi
psikologis mereka yang terdampak. Dengan alasan seperti itulah maka diperlukan model
pembelajaran yang tepat dimana penggunaan teknologi dalam pembelajaran bisa diterapkan
pada konteks tersebut bersamaan dengan materi-materi yang tersisa karena bencana tersebut.
Berdasarkan studi yang dilakukan oleh Warsihna dkk. (2020), pembelajaran pasca
bencana mengacu kepada pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan dengan menggunakan
prinsip-prinsip fleksibilitas, pemanfaatan material sisa dan integrasi teknologi pendidikan yang
dibuat dalam suatu skema sederhana sehingga bisa diterapkan pada daerah-daerah yang
terdampak bencana. Pembelajaran pasca bencana tentunya dibutuhkan untuk memulihkan
kembali sistem pendidikan yang sempat terhenti karena adanya bencana. Bencana yang
dimaksud adalah bencana alam seperti tsunami, gunung meletus, gempa bumi, longsor, banjir
dan lain-lain. Bencana seperti pandemi COVID-19 yang terjadi saat ini juga bisa disebut sebagai
stimulasi yang menuntut adanya pembelajaran pasca bencana.
Identifikasi Optimalisasi Kelompok
Trauma Kerusakan Sumber Integrasi dan Tutorial
Healing dan Teknologi
Daya Belajar
Kebutuhan
Gambar 38. Alur Pembelajaran Pasca Bencana
Kegiatan pembelajaran pasca bencana bisa dimulai dengan membangun terlebih dahulu
kondisi psikologis anak-anak, guru, dan masyarakat sekitar yang terdampak. Trauma yang
Pendidikan Untuk Generasi Z 143