Page 152 - Pendidikan Untuk Generasi Z : Refleksi dan Inspirasi Penerapan TIK untuk Pendidikan
P. 152

tersebut masih memegang kuat tradisi dan budaya yang jarang sekali bisa mudah diakses oleh
























                                                                                                                                                       banyak  orang.  Walaupun  seiring  berkembangnya  teknologi  memunculkan  sebagian  dari

























                                                                                                                                                       kelompok mereka untuk berinovasi dan mau terlibat dalam perkembangan dunia di luarnya.

























                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                               Berkaitan                                                                                              dengan
























                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                            pendidikan,                                                                                                                         masih

























                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                            banyaknya  anak-anak
























                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                            usia sekolah yang tidak

























                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                        mendapatkan
























                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                            pendidikan  formal  di

























                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                            suku  Baduy  tersebut.

























                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                            Hal                                                        ini                                                 tentunya







                                                                                                                                                                                                                                            Gambar 36. Suku Baduy sebagai Wisata Edukasi Banten













                                                                                                                                                                                                                                                                               (Sumber: www.herulegowo.wordpress.com)                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                       merupakan                                                                                                         masalah



























                                                                                                                                                       besar  bagi  pemerhati  pendidikan  di  kita.  Orang  tua  dan  pemimpin  di  wilayah  tersebut

























                                                                                                                                                       memberikan  pengaruh  yang  signifikan  terhadap  proses  pembelajaran  anak-anak  mereka
























                                                                                                                                                       sehingga informasi yang diperoleh mungkin sangat terbatas dan terpaku pada kebiasaan lama

























                                                                                                                                                       yang sering dilakukan. Walaupun pada hakikatnya belajar akan optimal jika dimulai dengan

























                                                                                                                                                       kesadaran tinggi dari masing-masing individunya, terkadang kerasnya tuntutan budaya lokal
























                                                                                                                                                       membuat sebagian dari mereka untuk menerima informasi dengan apa adanya.




















































                                                                                                                                                                                                                                Lalu, Bagaimanakah Penerapan Kurikulum Pendidikan di Suku Baduy?



















































                                                                                                                                                                                                            Sebagai mahluk yang difitrahkan untuk terus berkembang sesuai dengan potensinya

























                                                                                                                                                    masing-masing,  suku  Baduy  tentunya  mempunyai  keinginan  yang  besar  untuk  belajar  dan
























                                                                                                                                                    mendapatkan informasi yang lebih beragam. Dengan berbagai kekayaan dan potensi daerah

























                                                                                                                                                    yang dimilikinya seharusnya hal ini menjadi sesuatu yang menguntungkan dan dampaknya pun
























                                                                                                                                                    bisa lebih besar. Salah satunya adalah dengan memasukan model kurikulum yang sesuai dengan

























                                                                                                                                                    karakteristik yang mereka miliki. Sebagaimana yang telah dilakukan oleh Warsihna dan Anwas

































































                                                                                                                        Pendidikan Untuk Generasi Z                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                           141
   147   148   149   150   151   152   153   154   155   156   157