Page 26 - Universitas Terbuka : Mencapai Visi Melalui Good Corporate Governance
P. 26
lmplementasi Good Governance dan TQM di Universitas Terbuka
Sedangkan aspek manajemen operasional dilakukan dengan:
a. Memanfaatkan berbagai produk dan proses akademik dalam bidang
ilmu pengetahuan, teknologi dan seni untuk disebarluaskan melalui
program pendidikan tinggi dengan menggunakan sistem pendidikan
jarak jauh.
b. Menggunakan multi media (cetak dan non cetak, terekam, tersiar)
sebagai wahana pembelajaran bagi para peserta didiknya.
c. Memanfaatkan pakar dan praktisi dalam berbagai keahlian yang relevan
sebagai pengembangan bahan ajar, fasilitator pembelajaran, dan
assessor program pendidikan dan hasil belajar peserta didik.
Untuk mendukung kedua aspek tersebut, aspek ketiga yaitu aspek
pendukung yang berupa aspek manajemen strategi, sarana dan prasarana
kerja, keuangan, dan kepegawaian diperlukan. Aspek-aspek tersebut
adalah:
a. Merumuskan dan melaksanakan manajemen strategi secara efektif dan
konsisten.
b. Melaksanakan perencanaan kegiatan dengan mengacu pada prinsip
bottom up planning, partisipatif, dan transparan.
c. Melaksanakan perencanaan, pengadaan, pemeliharaan, inventarisasi,
dan penyimpanan serta penghapusan sarana dan prasarana kerja secara
efektif, efisien, dan taat hukum.
d. Melaksanakan manajemen keuangan secara akuntabel, transparan, taat
hukum, berorientasi pada misi, dan profesional.
e. Melaksanakan perencanaan, perekrutan, pengembangan, pembinaan,
dan pemensiunan berdasarkan prinsip-prinsip profesionalisme,
transparan, efisien, dan taat hukum.
f. Melaksanakan monitoring dan evaluasi kegiatan dan program secara
berkala dan berkesinambungan, termasuk di dalamnya adalah
penilaian kinerja.
lmplementasi prinsip-prinsip good governance dilaksanakan pada ketiga
aspek tersebut secara simultan dan berkesinambungan. Pelaksanaan aspek
akademik akan memerlukan keterlibatan aspek operasional dan ditopang
oleh aspek pendukung. Setiap prinsip good governance menjiwai setiap
aspek kegiatan UT.
17