Page 22 - Universitas Terbuka : Mencapai Visi Melalui Good Corporate Governance
P. 22

lmplementasi Coad Covemance dan  TQM di  Universitas  Terbuka


                             Daniel  mengemukakan  lebih  lanjut bahwa untuk mencapai  kemajuan  maka
                             ke  dalam  organisasi  perlu  disuntikkan  semangat  belajar  yang  tinggi.  Perlu
                             dikembangkan  sistem  pengembangan  pengetahuan  yang  akan  dapat
                             mendukung  pembelajaran   institusional   yang   progresif  (progressive
                             institutional  learning)  tentang  pengajaran  berbasis  teknologi  dan  yang  siap
                             untuk membantu tim.xxvi

                             Tuntutan yang demikian tinggi  terhadap  kemampuan  pengelola pendidikan
                             jarak  jauh  mengharuskan  para  dosen  untuk  terus-menerus  melakukan
                             antara  lain  inovasi  agar  mampu  menjawab  perubahan,  memiliki
                             kemampuan  untuk memilih teknologi  yang tepat,  dan  memiliki visi  global
                             dan  membantu pengembangan a global learning network.xxvii

                             Dalam  pendidikan  jarak  jauh  hambatan-hambatan   pengembangan
                             kemampuan  pengelolaan  antara  lain  struktur  administratif  dan  prosedur
                             yang  rumit,  adanya  deskripsi  kerja,  pengembangan  sistem  penilaian  dan
                             ganjaran  yang  masih  menggunakan  standar  universitas  tatap  muka,  dan
                             masalah  dalam  mengembangkan  "batas-batas  wilayah"  kerja,  intellectual
                             property,  kebijakan  yang  kurang  mendukung untuk melakukan  inovasi  dan
                             eksperi men.  xxviil
                             Deskripsi  singkat  tentang  bagaimana  pendidikan  jarak  jauh  beroperasi
                             memberikan gambaran betapa rumitnya penyelenggaraan  pendidikan tinggi
                             jarak jauh.  Hampir setiap  kegiatan  harus  diselesaikan  oleh  tim  yang  terdiri
                             dari  beberapa orang.  Sifat pekerjaan  produksi  lini  menuntut adanya standar
                             dan  mekanisme kerja yang baku  yang berfungsi  sebagai  alat pengendali dan
                             koordinasi  utama  dalam  bekerja.  Para  pelaksana  PTJJ  haruslah  orang  yang
                             benar-benar  profesional  dan  memiliki  tanggung  jawab  yang  besar  kepada
                             stakeholders.


                             Sejarah dan  Lingkup Kegiatan  UT

                             Pada  tahun  70-anxxix  dirasakan  perlunya  melakukan  pendidikan  terhadap
                             guru  SMP  dan  SMA.  Pendidikan  tersebut  dilaksanakan  secara  tatap  muka.
                             Guru-guru  SMP  ditingkatkan  kualifikasinya  melalui  jenjang  D-11  sedangkan
                             guru  SMA  sampai  jenjang  S-1.  Akibatnya  sekolah-sekolah  banyak  yang
                             kosong  karena  ditinggalkan  guru-gurunya  untuk  sekolah.  Untuk  mengatasi
                             masalah  tersebut  kemudian  pemerintah  mendirikan  suatu  universitas
                             dengan  modus jarak  jauh  yang  kemudian  diberi  nama  Universitas Terbuka





                                                                                            13
   17   18   19   20   21   22   23   24   25   26   27