Page 21 - Universitas Terbuka : Mencapai Visi Melalui Good Corporate Governance
P. 21
lrnplementasi Coad Governance dan TQM di Universitas Terbuka
jarak jauh tidak banyak berbeda. Perbedaan utamanya adalah pada cara
penyampaian materi pengajarannya. Menurut Moore dan Kearsle/xi
pendidikan jarak jauh terdiri dari komponen-komponen sumber, desain,
saluran, interaksi, dan lingkungan belajar. Sumber penyelenggaraan
pendidikan jarak jauh adalah kebutuhan siswa, organisasi, teori/sejarah,
dan landasan filosofis. Desain terdiri dari desain instruksional, desain
media, desain program, dan desain evaluasi. Saluran yang digunakan untuk
menyampaikan bahan belajar adalah bahan tercetak, audio/video, radio
dan televisi, komputer, audioconference, videoconference, dan jaringan
komputer. lnteraksi dilakukan oleh instruktur, tutor, penasihat, dan staf
administratif. Lingkungan belajarnya adalah tempat kerja, rumah, kelas, dan
pusat-pusat belajar.
Pendidikan jarak jauh adalah sistem pendidikan yang padat teknologi.
Teknologi digunakan untuk menyediakan bahan ajar, sistem registrasi,
sistem pengujian, dan tutorial. Jika dilihat dari segi pengelolaan maka
pendidikan jarak jauh dapat dibedakan menjadi dua, yaitu staf yang
mengelola urusan administratif dan akademis. Staf-staf tersebut adalah
pertama, spesialis media dan teknisi; kedua, staf yang bertugas pada bagian
pendaftaran, penilaian dan material; ketiga, dosen yang bertugas mengajar
dan memberikan tutorial; keempat, pengembang program, ahli dalam mata
kuliah, desainer instruksional, atau editor; kelima, direktur program, ketua
jurusan, dan koordinator wilayah, dan keenam, kepala departemen, dekan,
pembantu rektor, rektor dan administrator lainnya.xxii
Tugas-tugas akademik dilakukan dalam bentuk tim. Ada dua model tim
pengembang bahan ajar , yaitu model penulis editor (the author-editor
model) dan model tim bahan ajar (the course team model).'xiii UT
menggunakan the course team model anggota timnya lebih dari dua orang
dengan berbagai keahlian. Keahlian-keahlian yang umumnya diperlukan
dalam the course team model adalah editor, desainer grafis, produser
televisi dan radio, desainer instruksional, tenaga perpustakaan, dan ahli
materi.
Dalam pengelolaan sistem pendidikan jarak jauh terdapat pembagian kerja
dan sistem interaksi yang kompleks. Kompleksitas yang tinggi ini
menyebabkan adanya saling ketergantungan yang tinggi antar komponen
organisasi,'xiv sehingga diperlukan kemampuan dalam mengoordinir
berbagai keahlian dan mengintegrasikan berbagai macam teknologi.xxv
12