Page 21 - Universitas Terbuka : Mencapai Visi Melalui Good Corporate Governance
P. 21

lrnplementasi Coad Governance dan  TQM di  Universitas  Terbuka



                               jarak  jauh  tidak  banyak  berbeda.  Perbedaan  utamanya  adalah  pada  cara
                               penyampaian  materi  pengajarannya.  Menurut  Moore  dan  Kearsle/xi
                               pendidikan  jarak  jauh  terdiri  dari  komponen-komponen  sumber,  desain,
                               saluran,  interaksi,  dan  lingkungan  belajar.  Sumber  penyelenggaraan
                               pendidikan  jarak  jauh  adalah  kebutuhan  siswa,  organisasi,  teori/sejarah,
                               dan  landasan  filosofis.  Desain  terdiri  dari  desain  instruksional,  desain
                               media,  desain  program,  dan  desain  evaluasi.  Saluran  yang digunakan  untuk
                               menyampaikan  bahan  belajar  adalah  bahan  tercetak,  audio/video,  radio
                               dan  televisi,  komputer,  audioconference,  videoconference,  dan  jaringan
                               komputer.  lnteraksi  dilakukan  oleh  instruktur,  tutor,  penasihat,  dan  staf
                               administratif.  Lingkungan  belajarnya adalah tempat kerja,  rumah,  kelas, dan
                               pusat-pusat belajar.

                               Pendidikan  jarak  jauh  adalah  sistem  pendidikan  yang  padat  teknologi.
                               Teknologi  digunakan  untuk  menyediakan  bahan  ajar,  sistem  registrasi,
                               sistem  pengujian,  dan  tutorial.  Jika  dilihat  dari  segi  pengelolaan  maka
                               pendidikan  jarak  jauh  dapat  dibedakan  menjadi  dua,  yaitu  staf  yang
                               mengelola  urusan  administratif  dan  akademis.  Staf-staf  tersebut  adalah
                               pertama,  spesialis media dan teknisi;  kedua,  staf yang bertugas pada bagian
                               pendaftaran,  penilaian  dan  material;  ketiga,  dosen  yang  bertugas  mengajar
                               dan  memberikan tutorial;  keempat,  pengembang program,  ahli dalam  mata
                               kuliah,  desainer  instruksional,  atau  editor;  kelima,  direktur program,  ketua
                               jurusan,  dan  koordinator wilayah,  dan  keenam,  kepala departemen, dekan,
                               pembantu  rektor,  rektor dan  administrator lainnya.xxii
                               Tugas-tugas  akademik  dilakukan  dalam  bentuk  tim.  Ada  dua  model  tim
                               pengembang  bahan  ajar  ,  yaitu  model  penulis  editor  (the  author-editor
                               model)  dan  model  tim  bahan  ajar  (the  course  team  model).'xiii  UT
                               menggunakan  the  course  team  model anggota  timnya  lebih  dari dua orang
                               dengan  berbagai  keahlian.  Keahlian-keahlian  yang  umumnya  diperlukan
                               dalam  the  course  team  model  adalah  editor,  desainer  grafis,  produser
                               televisi  dan  radio,  desainer  instruksional,  tenaga  perpustakaan,  dan  ahli
                               materi.
                               Dalam  pengelolaan  sistem  pendidikan  jarak jauh terdapat pembagian  kerja
                               dan  sistem  interaksi  yang  kompleks.  Kompleksitas  yang  tinggi  ini
                               menyebabkan  adanya  saling  ketergantungan  yang  tinggi  antar  komponen
                               organisasi,'xiv  sehingga  diperlukan  kemampuan  dalam  mengoordinir
                               berbagai  keahlian  dan   mengintegrasikan  berbagai  macam  teknologi.xxv




                               12
   16   17   18   19   20   21   22   23   24   25   26