Page 219 - Universitas Terbuka : Mencapai Visi Melalui Good Corporate Governance
P. 219
lmplementasi Good Governance dan TQM di Universitas Terbuka
Jami nan Kualitas (Simintas) yang terdiri dari 10 orang. Tim Simintas
bertugas mengembangkan sistem dan prosedur kerja yang dilengkapi
dengan pedoman-pedoman pelaksanaannya sebagai penjabaran dari
program Simintas tersebut. Pada tahun 2002, pengembangan simintas
diarahkan pada usaha adopsi framework kualitas, yang menghasilakan
formulasi kebijakan simintas hasil adopsi dari Quality Assurance dari Asian
Association of Open Universities (AAOU).
Pada tahun 2003, dilakukan konversi Tim Simintas menjadi Pusat Jaminan
Kualitas (Pusmintas). Sistem penilaian kinerja staf mulai dilakukan.
lnstrumen yang dikembangkan untuk merealisasikan sistem tersebut
meliputi standar-standar prosedur jaminan kualitas, yang terdiri dari
Kebijakan dan Perencanaan (7 pernyataan baik = pb), rekrutmen dan
pengembangan SDM (9 pb), manajemen dan administrasi (21 pb),
mahasiswa (10 pb), perancangan dan pengembangan program (6 pb),
perancangan dan pengembangan bahan ajar (14 pb), layanan bantuan
belajar (18 pb), evaluasi hasil belajar (15 pb), dan media pembelajaran (7
pb).
Pada tahun 2004, sistem audit internal dan eksternal mulai dilakukan.
Prestasi yang telah diraih sebagai dampak positif dari upaya implementasi
sistem tersebut adalah diperolehnya Sertifikat Kualitas dan Akreditasi
lnternasional dari ICDE (The International Council for Open and Distance
Education (ICDE) pada tahun 2005, yang mengalami reviu kembali pada
tahun 2010 untuk periode 2010-2015. Pada tahap berikutnya, UT
memperoleh sertifikat ISO 9001 :2000 untuk layanan bahan ajar (2006).
Penting untuk diketahui bahwa pengembangan manajemen internal melalui
sistem jaminan kualitas ini tidak hanya dilakukan di UT Pusat, melainkan
juga di seluruh UPBJJ, yaitu melalui program-program revitalisasi UPBJJ
serta peningkatan sistem dan program aplikasi komputer untuk registrasi.
Dampak positif dari usaha tersebut disertai dengan kegigihan dari seluruh
lapisan staf, maka pada tahun 2007, UT memperoleh sertifikat ISO
9001 :2000 untuk manajemen pengembangan bahan ajar dan bahan ujian,
manajemen administrasi akademik, dan manajemen layanan mahasiswa di
11 UPBJJ.
Usaha peningkatan akreditasi mutu terus diupayakan oleh UT. Pada saat ini
upaya sedang diarahkan pada peningkatan bidang kesehatan dan
keselamatan kerja (sesuai standar OHSAS 18000:2007), peningkatan
210