Page 219 - Universitas Terbuka : Mencapai Visi Melalui Good Corporate Governance
P. 219

lmplementasi Good Governance dan  TQM di Universitas Terbuka


                               Jami nan  Kualitas  (Simintas)  yang  terdiri  dari  10  orang.  Tim  Simintas
                               bertugas  mengembangkan  sistem  dan  prosedur  kerja  yang  dilengkapi
                               dengan  pedoman-pedoman  pelaksanaannya  sebagai  penjabaran  dari
                               program  Simintas  tersebut.  Pada  tahun  2002,  pengembangan  simintas
                               diarahkan  pada  usaha  adopsi  framework  kualitas,  yang  menghasilakan
                               formulasi  kebijakan  simintas  hasil  adopsi dari  Quality Assurance dari Asian
                               Association of Open  Universities (AAOU).
                               Pada  tahun  2003,  dilakukan  konversi  Tim  Simintas  menjadi  Pusat Jaminan
                               Kualitas  (Pusmintas).  Sistem  penilaian  kinerja  staf  mulai  dilakukan.
                               lnstrumen  yang  dikembangkan  untuk  merealisasikan  sistem  tersebut
                               meliputi  standar-standar  prosedur  jaminan  kualitas,  yang  terdiri  dari
                               Kebijakan  dan  Perencanaan  (7  pernyataan  baik =  pb),  rekrutmen  dan
                               pengembangan  SDM  (9  pb),  manajemen  dan  administrasi  (21  pb),
                               mahasiswa  (10  pb),  perancangan  dan  pengembangan  program   (6  pb),
                               perancangan  dan  pengembangan  bahan  ajar  (14  pb),  layanan  bantuan
                               belajar (18  pb),  evaluasi  hasil  belajar  (15  pb),  dan  media  pembelajaran  (7
                               pb).
                               Pada  tahun  2004,  sistem  audit  internal  dan  eksternal  mulai  dilakukan.
                               Prestasi  yang  telah  diraih  sebagai  dampak  positif dari  upaya  implementasi
                               sistem  tersebut  adalah  diperolehnya  Sertifikat  Kualitas  dan  Akreditasi
                               lnternasional  dari  ICDE  (The  International Council for  Open  and Distance
                               Education  (ICDE)  pada  tahun  2005,  yang  mengalami  reviu  kembali  pada
                               tahun  2010  untuk  periode  2010-2015.  Pada  tahap  berikutnya,  UT
                               memperoleh sertifikat ISO 9001 :2000 untuk layanan bahan ajar (2006).
                               Penting untuk diketahui bahwa pengembangan manajemen  internal melalui
                               sistem  jaminan  kualitas  ini  tidak  hanya  dilakukan  di  UT  Pusat,  melainkan
                               juga  di  seluruh  UPBJJ,  yaitu  melalui  program-program  revitalisasi  UPBJJ
                               serta  peningkatan  sistem  dan  program  aplikasi  komputer  untuk  registrasi.
                               Dampak  positif dari  usaha  tersebut  disertai  dengan  kegigihan  dari  seluruh
                               lapisan  staf,  maka  pada  tahun  2007,   UT  memperoleh  sertifikat  ISO
                               9001 :2000  untuk  manajemen  pengembangan  bahan  ajar dan  bahan  ujian,
                               manajemen  administrasi  akademik,  dan  manajemen  layanan  mahasiswa di
                               11  UPBJJ.
                               Usaha peningkatan akreditasi  mutu terus diupayakan oleh  UT.  Pada saat ini
                               upaya  sedang  diarahkan  pada  peningkatan  bidang  kesehatan  dan
                              keselamatan  kerja  (sesuai  standar  OHSAS  18000:2007),  peningkatan




                              210
   214   215   216   217   218   219   220   221   222   223   224