Page 216 - Universitas Terbuka : Mencapai Visi Melalui Good Corporate Governance
P. 216
lmp/ementasi Coad Governance dan TQM di Universitas Terbuka
ahli materi (penulis), ahli desain instruksional, dan ahli media. Dengan
demikian, bahan ajar UT disajikan dalam ragam media (cetak dan non-
cetak) dan didesain secara khusus agar bersifat self-instructional dan self-
explanatory sehingga dapat digunakan oleh mahasiswa dengan ataupun
tanpa bantuan tutor. Kualitas bahan ajar UT juga dijaga dengan proses
pemutakhiran (revisi) secara reguler sehingga seluruh bahan ajar yang
digunakan maksimal berusia 7 tahun. Saat ini, 98% (886 dari 900) bahan
ajar aktif UT berusia di bawah 7 tahun, sisanya sedang dalam proses revisi.
Upaya-upaya untuk meningkatkan layanan akademik secara demokratis dan
akuntabel terus mendapat perhatian yang serius dari UT, baik ragam,
bentuk maupun sistemnya, termasuk pengembangan media dan
pembelajaran online yang sifatnya membantu proses belajar mahasiswa
sesuai kebutuhan belajarnya. Kegiatan evaluasi hasil belajar merupakan
perhatian penting lainnya dalam bidang akademik, karena ini merupakan
salah satu bentuk akuntabilitas UT terhadap mahasiswa dan masyarakat
lainnya. Pada prinsipnya, SPJJ menuntut mahasiswa untuk melakukan
proses pembelajaran secara mandiri dengan menggunakan bahan ajar yang
telah ditentukan. Namun, penyelenggara SPJJ wajib memberikan layanan
bantuan belajar. Di UT, layanan bantuan belajar diberikan dalam beberapa
bentuk seperti pembimbingan akademik, tutorial (tatap muka dan online),
latihan mandiri online, serta konseling secara umum. Tutorial tatap muka
dilaksanakan di seluruh (37) UPBJJ-UT untuk sebanyak 849 mata kuliah,
sedangkan tutorial online disediakan untuk 459 mata kuliah.
Evaluasi hasil belajar dilakukan melalui tugas-tugas tutorial dan ujian akhir
semester. Tugas-tugas tutorial dikembangkan dan dinilai oleh tutor dengan
menggunakan pedoman pengembangan tugas dan pemeriksaan yang
bersifat standar. Bahan ujian UT dikembangkan secara cermat dengan kisi-
kisi standar. Seluruh mata kuliah memiliki koleksi butir soal ujian di Bank
Saal UT. Peningkatan kualitas Bank Saal sejak tahun 2001 ditandai dengan
koleksi butir soal ujian yang semakin besar dengan kualitas pengembangan
maupun pengarsipan yang semakin tertata dengan baik. Dengan demikian,
UT selalu melaksanakan ujian akhir semester dua kali satu tahun dengan
naskah ujian yang bersifat "unik" demi menjaga kualitas ujian.
Layanan akademik UT lainnya adalah perpustakaan online yang semakin
meningkat koleksinya, kegiatan Penelitian dan Pengabdian kepada
Masyarakat (PPM) yang semakin terencana dengan baik, serta penerbitan
207