Page 213 - Universitas Terbuka : Mencapai Visi Melalui Good Corporate Governance
P. 213
lmp/ementasi Good Governance dan TQM di Universitas Terbuka
Sejak tahun 2001, penyelenggaraan UT sebagai sebuah institusi publik
telah menerapkan prinsip-prinsip good governance, terutama menyangkut
penyelenggaraan UT secara demokratis, taat hukum, akuntabel, adil,
transparan, profesional, serta efektif dan efisien. Prinsip demokratis
dikembangkan melalui prosedur pengawasan internal yang terbuka bagi
seluruh jajaran manajemen maupun karyawan. Dalam hal ini, setiap
individu didorong untuk mampu mengerti, memahami, serta turut
berpartisipasi dalam pengembangan dan implementasi mekanisme dan
budaya pengawasan kerja. Hal ini diawali pada tahun 2001 dengan proses
kesepakatan seluruh warga UT terhadap visi dan misi UT masa depan, yaitu
menjadi salah satu institusi PTJJ unggulan di antara institusi-institusi PTJJ di
Asia tahun 20 7 0 dan dunia tahun 2020. Dengan demikian, UT telah
merintis keberhasilannya dengan diwujudkannya kesepakatan awal
tersebut.
Kaitannya dengan prinsip taat asas/hukum, UT sejak awal telah menganut
pemberian reward and punishment. Namun demikian, penerapan prinsip
ini menjadi lebih terarah dan jelas standarnya melalui terwujudnya visi dan
misi UT seperti dijelaskan sebelumnya. Dengan demikian, kepercayaan
masyarakat umum terhadap sistem yang sedang dibangun, dilaksanakan
dan selalu dikembangkan oleh UT akan tercipta sebagai high trust.
Kejelasan ukuran dan standar akan memberikan rasa aman bagi setiap
pegawai untuk mengambil inisiatif.
Dengan high trust yang baik dari para pegawai yang didukung oleh sistem
reward and punishment yang jelas, maka akuntabilitas kinerja UT akan
menjadi jaminan bagi masyarakat luas. Jaminan ini menjadi salah satu
modal dasar yang penting sehingga UT dapat maju dan berkembang sesuai
visi dan misi yang telah dibangun. Prinsip 'adil' dalam pengembangan UT
berarti reward and punishment harus diberikan kepada siapa saja yang
patut menerimanya. UT memberikan sangsi kepada pegawai yang
melakukan pelanggaran tanpa pandang bulu, sebaliknya UT sangat
menghargai pegawai yang berprestasi dan berdedikasi tinggi dalam
kerjanya di UT dengan memberikan rewards yang pantas kepadanya.
Sejak dibangunnya visi dan misi pada tahun 2001, UT berhasil menyusun
sistem anggaran dan pola pengembangan program kerja dalam bentuk
Rencana Strategi (Renstra) dan Rencana Operasional Kerja UT (Renop).
Keduanya kemudian menjadi panduan bagi warga dan pimpinan UT untuk
204