Page 215 - Universitas Terbuka : Mencapai Visi Melalui Good Corporate Governance
P. 215
lmplementasi Good Governance dan TQM di Universitas Terbuka
tahunan unit yang disebut dengan Rencana Kegiatan dan Anggaran Unit
Kerja (RKA-UK). Secara manajerial, konsep pengembangan UT 2010-2021
tersebut dapat dikatakan sebagai upaya manajemen dalam melakukan
koordinasi serta sinkronisasi bagi segala upaya pengembangan UT. Melalui
sinergisitas antarunit kerja, baik di UT Pusat maupun UPBJJ, UT diharapkan
dapat mencapai visi yang telah dijadikan arah pengembangan tersebut.
Dengan demikian, prinsip akuntabilitas sebagai andalan manajemen good
governance untuk menjamin kepercayaan masyarakat kepada UT
diharapkan tercapai.
Dalam kerangka mencapai tingkat efisiensi dan efektivitas operasional dan
pengembangan UT, penyempurnaan visi telah dilakukan, melalui berbagai
terobosan dan pembenahan untuk mampu mendefinisikan tantangan
dengan baik dan produktif dalam segala usaha merealisasikan ketiga bidang
kegiatan dari ketiga pilar pengembangan UT tersebut. Selain itu, perlu
diketahui bahwa kualitas pendidikan melalui sistem belajar jarak jauh (SBJJ)
ditentukan oleh kualitas empat komponen pokoknya, yaitu: kurikulum,
bahan ajar, layanan bantuan belajar, serta evaluasi hasil belajar. Dalam
peningkatan kualitas dan relevansi akademik, UT telah berhasil melakukan
efisiensi dan penyempurnaan kurikulum pendidikan. Kurikulum seluruh
program studi yang ditawarkan UT dikembangkan oleh Tim-tim
Pengembang berdasarkan suatu studi kebutuhan sehingga program dan
kurikulum yang ditawarkan ditujukan untuk mencapai kompetensi yang
telah diidentifikasi sebelumnya. Kurikulum dikembangkan melalui proses
yang menerapkan prinsip-prinsip teknologi pendidikan dan berbasis analisis
kompetensi.
Selain itu, upaya mencapai tingkat efisiensi layanan akademik yang tinggi,
maka upaya sistematis telah dilakukan UT melalui upaya melengkapi
dokumen program studi (PS), baik PS lama maupun baru, yang meliputi
Naskah Akademik (NA), Rancangan Mata Kuliah (RMK), profil bahan ajar
dan uj ian, serta Pedoman Operasional Program (BOP). Upaya tersebut
menghasilkan pangkalan data kurikulum program/profil mata kuliah dan
bahan ajar untuk semua mata kuliah dan pangkalan data program studi
secara terpusat yang dapat digunakan sebagai bahan evaluasi PS per
semester. Dalam hal pengembangan bahan ajar (BA) yang merupakan unsur
pokok dalam proses pembelajaran mandiri mahasiswa, seluruh BA UT
dikembangkan oleh Tim Pengembang yang terdiri dari minimal satu orang
206