Page 215 - Universitas Terbuka : Mencapai Visi Melalui Good Corporate Governance
P. 215

lmplementasi Good Governance dan  TQM di Universitas Terbuka



                               tahunan  unit  yang  disebut  dengan  Rencana  Kegiatan  dan  Anggaran  Unit
                               Kerja  (RKA-UK).  Secara  manajerial,  konsep  pengembangan  UT  2010-2021
                               tersebut  dapat  dikatakan  sebagai  upaya  manajemen  dalam  melakukan
                               koordinasi  serta  sinkronisasi  bagi  segala  upaya  pengembangan  UT.  Melalui
                               sinergisitas antarunit kerja,  baik di  UT Pusat  maupun  UPBJJ,  UT diharapkan
                               dapat  mencapai  visi  yang  telah  dijadikan  arah  pengembangan  tersebut.
                               Dengan  demikian,  prinsip  akuntabilitas  sebagai  andalan  manajemen  good
                               governance  untuk  menjamin  kepercayaan  masyarakat  kepada  UT
                               diharapkan tercapai.
                               Dalam  kerangka  mencapai  tingkat efisiensi  dan  efektivitas  operasional  dan
                               pengembangan  UT,  penyempurnaan  visi  telah  dilakukan,  melalui  berbagai
                               terobosan  dan  pembenahan  untuk  mampu  mendefinisikan  tantangan
                               dengan  baik dan  produktif dalam segala usaha merealisasikan ketiga bidang
                               kegiatan  dari  ketiga  pilar  pengembangan  UT  tersebut.  Selain  itu,  perlu
                               diketahui bahwa kualitas pendidikan melalui sistem  belajar jarak jauh (SBJJ)
                               ditentukan  oleh  kualitas  empat  komponen  pokoknya,  yaitu:  kurikulum,
                               bahan  ajar,  layanan  bantuan  belajar,  serta  evaluasi  hasil  belajar.  Dalam
                               peningkatan  kualitas  dan  relevansi  akademik,  UT telah  berhasil  melakukan
                               efisiensi  dan  penyempurnaan  kurikulum  pendidikan.  Kurikulum  seluruh
                               program  studi  yang  ditawarkan  UT  dikembangkan  oleh  Tim-tim
                               Pengembang  berdasarkan  suatu  studi  kebutuhan  sehingga  program  dan
                               kurikulum  yang  ditawarkan  ditujukan  untuk  mencapai  kompetensi  yang
                               telah  diidentifikasi  sebelumnya.  Kurikulum  dikembangkan  melalui  proses
                               yang menerapkan prinsip-prinsip teknologi  pendidikan dan berbasis analisis
                               kompetensi.

                               Selain  itu,  upaya  mencapai  tingkat efisiensi  layanan  akademik  yang  tinggi,
                               maka  upaya  sistematis  telah  dilakukan  UT  melalui  upaya  melengkapi
                               dokumen  program  studi  (PS),  baik  PS  lama  maupun  baru,  yang  meliputi
                               Naskah  Akademik  (NA),  Rancangan  Mata  Kuliah  (RMK),  profil  bahan  ajar
                               dan  uj ian,  serta  Pedoman  Operasional  Program  (BOP).  Upaya  tersebut
                               menghasilkan  pangkalan  data  kurikulum  program/profil  mata  kuliah  dan
                               bahan  ajar  untuk  semua  mata  kuliah  dan  pangkalan  data  program  studi
                               secara  terpusat  yang  dapat  digunakan  sebagai  bahan  evaluasi  PS  per
                               semester.  Dalam hal  pengembangan  bahan ajar (BA)  yang merupakan unsur
                               pokok  dalam  proses  pembelajaran  mandiri  mahasiswa,  seluruh  BA  UT
                               dikembangkan  oleh  Tim  Pengembang yang  terdiri  dari  minimal  satu  orang





                               206
   210   211   212   213   214   215   216   217   218   219   220