Page 224 - Universitas Terbuka : Mencapai Visi Melalui Good Corporate Governance
P. 224

lmplementasi Good Governance dan  TQM di  Universitas  Terbuka


                             lmplementasi  GCG  dan  TQM  dalam  bidang  pendidikan  mendapat
                             perhatian  dari  pihak  pemangku  kepentingan,  mulai  dari  pemerintah,
                             masyarakat  luas,  pengguna  lulusan,  kalangan  bisnis  dan  industri,  hingga
                             peserta didik yang sama-sama  menghendaki  layanan  pendidikan berkualitas
                             yang  dapat  menjamin  keluaran  pendidikan  yang  handal,  kompeten  dan
                             kompetitif  di  dunia  kerja.  Pemerintah  dan  masyarakat  berupaya  keras
                             meningkatkan  kinerja,  kualitas,  efektivitas  serta  efisiensi  pendidikan  agar
                             layanan,  proses  serta  produk  pendidikan  berupa  lulusan  menjadi  lebih
                             berkualitas dan  relevan dengan kebutuhan masyarakat.
                             Berbagai   instrumen  dan  mekanisme  GCG  dan  TQM  dirancang,
                             dikembangkan  dan  diterapkan,  baik  secara  internal  pada  institusi
                             pendidikan maupun secara eksternal  yang digunakan oleh  pihak pemangku
                             kepentingan  untuk  menilai  kinerja  institusi  pendidikan.  Pemerintah
                             bersama-sama  pemangku  kepentingan  berupaya  keras  pula  membantu
                             meningkatkan  kinerja  institusi  pendidikan dengan  menciptakan  perundang-
                             undangan  dan  peraturan  yang  dapat  memastikan  penyediaan  dan
                             pemanfaatan  sumberdaya  pendidikan  secara  arif,  bijaksana,  efektif  dan
                             efisien.  Demikian  pula sistem,  mekanisme,  serta  lembaga  atau  badan  yang
                             dapat menjamin kualitas dan kinerja pendidikan secara berkelanjutan.
                             Pada  saat  yang  sama  upaya  internal  dilakukan  institusi  pendidikan  dalam
                             implementasi  GCG  dan  TQM  dengan  menciptakan  instrumen  dan
                             mekanisme  internal  yang  dapat  menggerakkan  jalannya  institusi  sesuai
                             dengan prinsip-prinsip GCG  dan TQM.  lnstitusi  pendidikan terus membuka
                             diri  dan  berdialog  untuk  mendapatkan  masukan  dari  pihak  pemangku
                             kepentingan agar proses  pendidikan tepat sasaran, dan  keluaran  pendidikan
                             relevan  dengan  kebutuhan   masyarakat.   lnstitusi   pendidikan  yang
                             menerapkan prinsip GCG dan TQM membuka diri sebagi  subjek yang terus
                             mencari  dan  menerima  masukan  perbaikan  serta  secara  internal  terus
                             melakukan  perbaikan  secara  berkelanjutan  agar  visi  dan  misi  yang
                             diembannya terlaksana dengan baik.


                             8.  Dasar pemikiran
                             Sebagaimana  dikatakan  sebelumnya,  GCG  dan  TQM  merupakan  gagasan
                             yang  sulit  ditarik  garis  batas  perbedaannya,  karena  keduanya  didasarkan
                             atas  landasan pemikiran yang sama,  mengarah pada tujuan yang sama,  serta
                             digariskan  dalam   prinsip-prinsip  yang  sama.   Secara  garis  besar,




                                                                                           215
   219   220   221   222   223   224   225   226   227   228   229